Rabu, 7 Desember 2022

Apakah Self Reward Penting Dilakukan? Ini Penjelasannya

- Selasa, 27 September 2022 | 21:38 WIB
Ilustrasi Berbelanja (Freepik)
Ilustrasi Berbelanja (Freepik)

JAKARTA, kilat.com- Self reward pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, bahkan cukup terkenal akhi-akhir ini. Self reward adalah suatu perilaku di mana kamu melakukan sesuatu hal yang membuat senang dan melontarkan diri dari peraturan ketat yang buat untuk diri sendiri.

Lantas, mengapa self reward penting dilakukan untuk diri sendiri?

Sebenarnya, self reward itu bisa membantu kita mengembangkan kreativitas, jadi tidak apa-apa jika seseorang memberikan reward pada diri sendiri. Karena setiap manusia pasti ada kalanya merasa lelah, bosan, atau stres di tengah proses dan upaya untuk mencapai sesuatu.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan memperdulikan diri sendiri dengan cara memberi penghargaan pada diri sendiri. Dengan cara seperti itu, kita bisa menghargai diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilakukan. Dan dapat mengembalikan motivasi diri ketika merasa ingin menyerah.

Selain itu, self reward juga bisa membantu dalam memancarkan aura positif kepada orang lain. Namun ada juga self reward yang tidak memberikan efek positif juga lho.

Apa saja contoh self reward?

1. Tidur Siang

Tidur siang ternyata bisa menjadi bagian dari self reward. Menyempatkan diri untuk istirahat 15-30 menit disela-sela pekerjaan menjadi bentuk kecintaan kita pada diri sendiri. Dengan rutin tidur, berarti kita menghargai dan peduli pada kesehatan tubuh.

2, Bermain Game Online

Bermain game juga ternyata salah satu contoh self reward, lho. Saat sudah merasa jenuh atau selepas mencapai sebuah keberhasilan langsung membuka aplikasi game online untuk sekadar merileksasikasi pikiran. Namun, bermain game online juga tidak boleh berlebihan. Sebab jika sudah banyak waktu dan membuat kita menjadi tidak produktif.

3. Nonton Drama atau Serial

Untuk sebagian orang, menonton drama atau serial juga merupakan bagian dari self reward. Saat menyaksikan tayangan favorit, mungkin kita akan merasa bahagia. Sehingga setelahnya kita bisa melakukan aktivitas dengan lebih baik lagi.

4. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, bermain bersama mereka bisa menjadi salah satu self reward juga. Bahkan bermain bersama hewan peliharaan dipercaya bisa mengurangi stres.

Halaman:

Editor: Anggi Tiar

Tags

Terkini

X