Sabtu, 10 Juni 2023

Viral Lensa AI Ubah Wajah Jadi Lukisan Menawan hingga Anime, Ini Cara Pakainya

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:17 WIB
Tren Lensa AI memicu sejumlah masalah. (Tangkapan Layar Instagram/@lensa.ai)
Tren Lensa AI memicu sejumlah masalah. (Tangkapan Layar Instagram/@lensa.ai)

JAKARTA, kilat.com- Mengikuti banyaknya tren di media sosial memang tidak akan ada habisnya. Sebelumnya, viral mengenai efek AL Manga yang bisa ubah wajah menjadi sebuah anime, kini Lensa AL bisa mengubah wajah menjadi lukisan yang menawan.

Jika feed Instagram atau Twitter Anda dipenuhi dengan foto bergaya Renaisans, versi anime, atau pun berbau digital, Anda tak sendirian. Fenomena yang viral di media sosial ini merupakan ulah platform Lensa AI.

Lensa AI merupakan aplikasi buatan Prisma Labs yang memanfaatkan selfie dan memprosesnya dengan kecerdasan buatan untuk membuat potret dalam berbagai gaya, yang normal hingga dan kontroversial.

Baca Juga: Calon Anggota DPD RI di Riau Harus Serahkan Minimal 2.000 Dukungan

Per Kamis, 8 Desember 2022, Lensa AI menjadi aplikasi iPhone paling populer di Amerika Serikat di iOS. Selain itu, app ini jadi pemuncak klasemen kategori foto dan video global. Meski begitu, Lensa AI belum masuk 10 besar app terpopuler di RI.

Melansir dari CNN, Yasemin Anders (29) memutuskan untuk memakai Lensa AI setelah melihatnya jadi tren di media sosial. Ia pun mengaku begitu gembira melihat dirinya dalam bentuk peri.

Namun, kekecewaaan muncul usai dirinya melihat fotonya yang lebih kurus serta wajah dan leher yang lebih ramping.

Baca Juga: Asyik! 6 Episode 'Connect' Sudah Bisa Ditonton Langsung

"Jika cukup pintar untuk mengubah Anda menjadi peri atau tokoh manga, Anda akan mengira ada semacam perangkat lunak yang cukup pintar di belakangnya untuk mendeteksi orang gemuk juga," kata Anders, yang tinggal di Berlin, Jerman, dikutip dari The New York Times.

"Bahkan jika saya membayangkan diri saya sebagai peri, seperti versi fantasi ideal diri saya, saya masih ingin terlihat seperti diri saya sendiri," tambah karyawan di bidang pemasaran ini.
Pengguna lain melaporkan bahwa aplikasi tersebut membuat kulit mereka tampak lebih terang atau lebih putih serta jelas mengubah fitur wajah mereka

"Jika sebagian besar gambar yang Anda masukkan ke sistem adalah wajah putih, maka tidak mengherankan jika mencoba membuat gambar yang terlihat 'lebih baik', itu hanya membuatnya lebih putih," kata Kambhampati.

Baca Juga: Hastag Basmi Teror Trending di Twitter, Ini 9 Cara Cegah Radikalisme dan Terorisme

Lensa AI mulainya memproses foto narsis Anda, mempelajarinya, dan menghasilkan potret asli yang dimodifikasi oleh kecerdasan buatan.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendapatkan 50 avatar - 10 gambar dalam lima gaya - seharga US$3,99 (sekitar Rp62.300) selama masa uji coba satu pekan.

Halaman:

Editor: Rinda Putri Tsani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengubah Ikon Aplikasi GB WhatsApp

Rabu, 31 Mei 2023 | 18:06 WIB
X