Sabtu, 10 Desember 2022

Copot Aplikasi Gmail Sekarang!

- Senin, 2 Agustus 2021 | 11:45 WIB
Sebuah laporan tahun 2017 menyimpulkan Google telah menempatkan pelacak pada 75% dari 1 juta situs web internet teratas. Gmail pun dianggap selalu mencuri data penggunanya. Foto: ist
Sebuah laporan tahun 2017 menyimpulkan Google telah menempatkan pelacak pada 75% dari 1 juta situs web internet teratas. Gmail pun dianggap selalu mencuri data penggunanya. Foto: ist

JAKARTA, kilat.com - DuckDuckGo adalah mesin pencari internet privasi pertama yang tidak membuat profil penggunanya. DuckDuckGo juga memblokir pelacak yang digunakan oleh mesin pencari lain untuk melacak Anda melalui aplikasi dan situs internet yang pengguna kunjungi untuk menayangkan iklan bertarget kepada Anda.

Sebuah laporan tahun 2017 menyimpulkan Google telah menempatkan pelacak pada 75% dari 1 juta situs web internet teratas. Di peringkat kedua ada Facebook 25% dan Twitter ketiga dengan 12%.

Sehubungan dengan privasi, pengguna iPhone yang peduli dengan data pribadinya mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencopot pemasangan Gmail dan menggunakan aplikasi email default Apple.

Selama tahun-tahun berikutnya, tidak banyak berubah. Pada tahun 2020, laporan yang lebih baru menunjukkan bahwa Google telah menempatkan pelacak pada 86% dari 50.000 aplikasi global teratas. Pelacak ini adalah alasan mengapa Anda mulai melihat iklan pemangkas rambut hidung serbaguna Tentara Swiss setelah Anda menghabiskan 5 menit mencarinya di Penelusuran Google.

Pelacak ini juga merupakan subjek dari fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi (ATT) Apple yang memungkinkan pengguna iPhone memilih untuk tidak dilacak, opsi yang dipilih 96% pengguna saat fitur tersebut pertama kali dijatuhkan di iOS 14.5.

Jika privasi lebih penting bagi Anda daripada menampilkan iklan untuk sesuatu yang dicari di ponsel, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus Gmail di iPhone dan menggunakan aplikasi email buatan Apple di handset. Itu karena Gmail, seperti banyak aplikasi Google, adalah ruang hampa data yang menyedot detail kehidupan online pribadi Anda untuk dijual ke perusahaan pihak ketiga.

Membandingkan Label Privasi Aplikasi antara aplikasi Apple Mail dan Gmail, orang dapat dengan mudah melihat seberapa besar perbedaan antara keduanya dalam hal privasi. Aplikasi email default Apple mengumpulkan beberapa informasi kontak dan pengenal dan dapat menautkannya ke identitas Anda.

Sementara itu, Gmail melacak pembelian Anda, informasi kontak, konten pengguna, pengidentifikasi, diagnostik, lokasi, kontak, riwayat pencarian, data penggunaan, dan data lainnya untuk mengetahui siapa Anda. Sehingga mereka dapat melacak Anda dan mengirimkan iklan bertarget kepada Anda.

Menurut Forbes, 70% dari email yang Anda terima memiliki pelacak tertanam yang mengirimkan informasi ke perusahaan-perusahaan yang ingin melacak. Perusahaan-perusahaan ini diberi tahu apakah Anda membuka email mereka, kapan Anda membukanya, seberapa sering Anda membukanya, dan di mana Anda berada saat dibuka.

Halaman:

Editor: M Iqbal Marsyaf

Terkini

Ini Jadwal FYP TikTok Hari Sabtu, 10 Desember 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 04:45 WIB

Cara Login WhatsApp Web dengan QR Code dan Link

Jumat, 9 Desember 2022 | 18:15 WIB

Ini Jadwal FYP TikTok Hari Jumat, 9 Desember 2022

Jumat, 9 Desember 2022 | 04:25 WIB

Catat! Begini Cara Nonaktifkan Centang Dua di WA GB

Kamis, 8 Desember 2022 | 22:50 WIB

Simak! Cara Jitu Atasi WhatsApp Eror Tak Bisa Dibuka

Kamis, 8 Desember 2022 | 21:41 WIB

Infinix Luncurkan Note 12 2023, Siap Incar Gamers!

Kamis, 8 Desember 2022 | 21:00 WIB
X