Sabtu, 10 Desember 2022

Waduh! Peta Perang Rusia Bocorkan Tarik Mundur Massal Pasukan, Moskow Menyerah?

- Selasa, 13 September 2022 | 20:45 WIB
Tentara Rusia mengendarai tank selama latihan militer di wilayah Leningrad, Rusia, dalam gambar selebaran yang dirilis 14 Februari 2022. (ANTARA/Kemenhan Rusia/HO via Reuters/as)
Tentara Rusia mengendarai tank selama latihan militer di wilayah Leningrad, Rusia, dalam gambar selebaran yang dirilis 14 Februari 2022. (ANTARA/Kemenhan Rusia/HO via Reuters/as)

MOSKOW, kilat.com- Peta milik Kementerian Pertahanan Rusia menampilkan penarikan mundur besar-besaran pasukannya dari Wilayah Ukraina Timur, khususnya Kharkiv.

Kemenhan Rusia itu menunjukkan peta tersebut dalam sebuah video ketika hendak melakukan tinjauan harian pada Minggu (11/9/2022). Dalam petat ersebut, Rusia terlihat hanya menguasai sebagian wilayah di Timur Ukraina, terutama di belakang Sungai Oskil.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Rusia sempat menguasai sekitar 26,3 persen wilayah di Ukraina terutama pada bagian timur negara tersebut.

Pada Sabtu (10/9/2022), merujuk pada peta, pasukan Rusia terus menguasai banyak wilayah di Kharkiv. Namun, keadaan itu semakin cepat berbalik setelah pasukan Ukraina melontarkan serangan balasan.

Baru-baru ini, Ukraina mengklaim berhasil merebut kembali sejumlah wilayah yang sebelumnya telah diduduki Rusia selama dua hari terakhir. Pasukan Presiden Volodymyr Zelensky juga berhasil memukul mundur militer Rusia dari lokasi strategis di timur Ukraina.

Pasukan Rusia tampak meninggalkan kota Izium dan Svatove di Luhansk usai pasukan Ukraina memulai serangan baru ke arah timur melalui Kharkiv.

"Rusia melarikan diri dan meninggalkan senjata dan amunisi. Pusat kota bebas," kata juru bicara Angkatan Darat Ukraina, Brigade Bohun, dalam pernyataan resmi pada akhir pekan lalu, dikutip dari CNN.

Selain itu, pasukan Ukraina berhasil membebaskan lebih dari 40 pemukiman di Kharkiv.

"Kami bisa secara resmi mengumumkan pembebasan lebih dari 40 pemukiman. Situasinya berubah sangat cepat dan ada lebih banyak lagi pemukiman [yang tidak diduduki]," jelas Wakil Kepala Administrasi wilayah Kharkiv, Roman Semenukha.

Halaman:

Editor: Cendhy Vicky

Tags

Terkini

Rishi Sunak ke Ukraina: Kita Akan Menang!

Minggu, 20 November 2022 | 22:08 WIB

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Tawanan Perang

Jumat, 4 November 2022 | 11:09 WIB
X