Selasa, 7 Februari 2023

Bawaslu Belitung Dorong Generasi Muda Tentang Pentingnya Pemilu 2024

- Sabtu, 5 November 2022 | 12:00 WIB
Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada para generasi muda atau pemilih pemula di Kabupaten Belitung (ANTARA/Kasmono)
Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kepada para generasi muda atau pemilih pemula di Kabupaten Belitung (ANTARA/Kasmono)

BELITUNG, kilat.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong generasi muda di daerah itu untuk memiliki kesadaran tentang arti pentingnya pelaksanaan Pemilu.

"Kami mendorong pemuda atau pemilih pemula agar memiliki kesadaran tentang arti pentingnya pelaksanaan Pemilu," kata Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirin di Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu.

Menurut dia, pemilu merupakan sarana kedaulatan yang disiapkan UU untuk memilih calon pemimpin secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Generasi muda diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil pada Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak.

Partisipasi generasi muda atau pemilih pemula sangat penting, baik dalam menggunakan hak pilih mau pun dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Hal ini guna mencegah terjadinya segala bentuk potensi pelanggaran kepemiluan nantinya," kata Sahirin.

Ia menjelaskan, peran pengawasan pemilu dan partisipasi pemilih pemula tidak hanya sebatas mencegah potensi pelanggaran, tetapi juga dapat mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita tidak tahu, dalam pelaksanaannya pemilu ini benar-benar menjadi ajang silaturahmi demokrasi atau tidak, jika seandainya tidak ada pengawasan," ujarnya.

Sahirin berharap, generasi muda dan pemilih pemula tidak apatis dan hanya berdiam diri pada saat tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Cendhy Vicky

Tags

Terkini

KPU: DPD di Jawa Tengah Wajib Kantongi 5.000 Dukungan

Rabu, 14 Desember 2022 | 04:30 WIB

KPU Tasikmalaya Tegaskan Jumlah Dapil Tak Berubah

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB

KPU Pontianak Tindaklanjuti PAW Anggota DPRD Pontianak

Senin, 14 November 2022 | 12:00 WIB

KPU Pastikan Kursi DPRD Kabupaten Cirebon Tetap 50

Minggu, 13 November 2022 | 21:00 WIB

Bawaslu Singkawang Lantik 15 Anggota Panwascam

Jumat, 28 Oktober 2022 | 18:09 WIB
X