Selasa, 7 Februari 2023

90 Anggota Panwaslu Karawang Dilantik!

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Pendaftaran panwaslu kecamatan di Bawaslu Karawang. (ANTARA/HO-Bawaslu Karawang
Pendaftaran panwaslu kecamatan di Bawaslu Karawang. (ANTARA/HO-Bawaslu Karawang

KARAWANG, kilat.com- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kursin Kurniawan melantik 90 orang anggota panitia pengawas pemilu kecamatan yang akan bertugas mengawal pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Panwaslu kecamatan ini akan bertugas pada 30 kecamatan, masing-masing kecamatan terdiri atas tiga orang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan usai pelantikan anggota panwaslu kecamatan di Karawang, Kamis.

Ia berharap agar seluruh anggota panwaslu kecamatan yang terpilih bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan sebab lembaga penyelenggara pemilu bekerja bukan dengan asumsi, tetapi dengan peraturan.

Menurut Kursin, seluruh anggota panwaslu kecamatan yang terpilih dan dilantik sudah menjalani proses seleksi cukup ketat. Diawali dari seleksi administrasi, tes tulis berbasis komputer (computer assisted test/CAT) dan terakhir tes wawancara.

Saat tes tulis berbasis komputer diikuti 450 orang dan selanjutnya terjaring 180 orang atau enam orang untuk masing-masing kecamatan. Kemudian dari 180 orang yang mengikuti tes wawancara, terpilih 90 orang calon anggota panwaslu yang akan bertugas pada 30 kecamatan.

"Kami sampaikan selamat kepada yang terpilih. Persiapkan mental dan selalu jaga kesehatan karena tugas pada pemilu nanti cukup berat," kata Kursin.

Menurut ia, anggota panwaslu kecamatan harus bisa bekerja secara profesional dan tidak melibatkan kepentingan pribadi atau kelompok dalam bekerja.

Kursin menambahkan sejumlah potensi kerawanan, seperti politik uang dan netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjadi fokus pencegahan di Karawang.

“Walau kita bermitra dengan stakeholder terkait utamanya pemerintah, pencegahan netralitas ASN juga harus diutamakan dan kita harus bekerja sama, tapi jangan mau diintervensi,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Yuska Apitya Aji

Tags

Terkini

KPU: DPD di Jawa Tengah Wajib Kantongi 5.000 Dukungan

Rabu, 14 Desember 2022 | 04:30 WIB

KPU Tasikmalaya Tegaskan Jumlah Dapil Tak Berubah

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB

KPU Pontianak Tindaklanjuti PAW Anggota DPRD Pontianak

Senin, 14 November 2022 | 12:00 WIB

KPU Pastikan Kursi DPRD Kabupaten Cirebon Tetap 50

Minggu, 13 November 2022 | 21:00 WIB

Bawaslu Singkawang Lantik 15 Anggota Panwascam

Jumat, 28 Oktober 2022 | 18:09 WIB
X