Senin, 5 Juni 2023

KPU Beri Izin Partai Ummat Ikut Pemilu 2024, dengan Penuhi Syarat Hasil Mediasi Bawaslu

- Selasa, 20 Desember 2022 | 23:15 WIB
Mediasi Partai Ummat dengan KPU di Bawaslu (instagram partaiummatofficial)
Mediasi Partai Ummat dengan KPU di Bawaslu (instagram partaiummatofficial)

JAKARTA, kilat.com- Partai Ummat akhirnya diberi izin untuk ikut sebagai peserta Pemilu 2024 dengan memenuhi sejumlah syarat dalam hasil mediasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Keputusan tersebut dibacakan dalam Rapat Pleno Bawaslu setelah mediasi keduanya digelar di kantor Bawaslu pada Selasa, 20 Desember 2022 pukul 20.30 WIB.

"Memerintahkan kepada para pihak untuk melaksanakan isi kesepakatan ini sebagaimana tertuang dalam keputusan ini. Memerintahkan kepada termohon untuk melaksanakan putusan ini paling lama tiga hari kerja terhitung sejak putusan ini dibacakan," ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum Bawaslu Totok Hariyono saat membacakan amar putusan.

Baca Juga: LSI Denny JA: Ada 4 'King Maker' Penentu Capres-Cawapres di Pemilu 2024

Terdapat sejumlah syarat dalam amar putusan tersebut yang harus dipenuhi antara lain, memenuhi kekurangna jumlah anggota Partai Ummat di lima kabupaten kota Provinsi NTT.

Kedua, memenuhi jumlah keanggotaan Partai Ummat minimal di 10 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk memenuhi sejumlah syarat itu, Bawaslu juga menetapkan tenggat hingga 30 Desember. Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk kembali menggelar pleno penetapan partai peserta pemilu pada 30 Desember 2022, termasuk di dalamnya untuk pengundian nomor urut jika Partai Ummat telah memenuhi sejumlah syarat tersebut.

Baca Juga: Pelajari Gelaran Sepak Bola Standar Internasional AFF 2022 di GBK , Polri Gandeng Ahli dari Inggris

"Penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi faktual keanggotaan oleh KPU kepada partai politik dan Bawaslu, Jumat 30 Desember 2022," kata Komisioner Bawaslu, Puadi saat membacakan amar putusan.

Sebelumnya, Partai Ummat melayangkan gugatan terkait keputusan KPU yang menetapkan partai tersebut tak memenuhi syarat sebagai partai peserta Pemilu 2024. Partai besutan politikus senior Amien Rais itu disebut tak memenuhi syarat di beberapa kabupaten kota di Sulut dan NTT.

Editor: Cendhy Vicky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasto: PDIP Pilih Gunakan Nomor Urut Parpol Lama

Rabu, 14 Desember 2022 | 20:30 WIB
X