Sabtu, 10 Desember 2022

Hasil F1 GP Inggris: Jadi Juara, Carlos Sainz Cetak Sejarah

- Senin, 4 Juli 2022 | 00:20 WIB
Pebalap Ferrari Carlos Sainz Jr. melaju pada kualifikasi F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (2/7/2022). Carlos Sainz merebut pole position di Formula 1 GP Inggris menggungguli Max Verstappen dan Charles Leclerc. ANTARA FOTO/REUTERS/Peter Cziborra/rwa.
Pebalap Ferrari Carlos Sainz Jr. melaju pada kualifikasi F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (2/7/2022). Carlos Sainz merebut pole position di Formula 1 GP Inggris menggungguli Max Verstappen dan Charles Leclerc. ANTARA FOTO/REUTERS/Peter Cziborra/rwa.

JAKARTA, kilat.com- Carlos Sainz meraih kemenangan perdananya di Formula 1 pada balapan ke-150 dalam kariernya setelah merampungkan Grand Prix Inggris yang sempat dihentikan sementara karena drama lap pembuka pada Minggu (3/7/2022).

Sergio Perez, yang mengalami kerusakan sayap depan dan harus menjalani pitstop lebih awal, finis 3,779 detik di belakang sang pebalap Ferrari demi mengamankan P2 untuk Red Bull di saat rekan satu timnya, Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

Lewis Hamilton mendapat dorongan semangat dari para pendukung tuan rumah setelah sempat memimpin lomba beberapa putaran sejak lap ke-26.

Sang pebalap Mercedes akhirnya finis P3 demi podium setelah mengalahkan Charles Leclerc yang harus kehilangan peluang juara karena kesalahan strategi Ferrari yang memutuskan sang pebalap Monako bertahan dengan ban hard di saat para rivalnya berganti ban soft menyusul safety car pada lap ke-39 karena mobil Alpine Esteban Ocon mogok di lintasan lurus utama.

"Saya tidak tahu berkata apa, ini luar biasa. Kemenangan pertama setelah 150 balapan, dengan Ferrari dan di Silverstone," kata Sainz dikutip laman resmi F1.

"Lewis mengejar, saya dengar, tapi saya berhasil bertahan. Ini tidak mudah, saya kewalahan dengan keseimbangan di stint pertama.... Kemudian safety car memberi kami peluang untuk bangkit dan kami melakukannya."

Fernando Alonso melengkapi peringkat lima besar untuk tim Alpine, di depan Lando Norris yang finis P6 untuk McLaren.

Haas meraih poin ganda lewat Mick Schumacher, yang untuk pertama kali finis dengan poin di tahun rookinya di P8, di depan Sebastian Vettel (Aston Martin) dan rekan satu timnya, Kevin Magnussen.

Balapan sempat dihentikan setelah lap pertama menyusul kecelakaan beruntun yang mengirim mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu terbalik dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Halaman:

Editor: Muhammad Ivan Rida

Tags

Terkini

Hore! Chery Buka "Pop Up Showroom" di 7 Kota

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:55 WIB

Baru! Huawei dan BAIC Kembangkan Mobil Pintar

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:34 WIB

Ini Tanda-tanda Wiper Mobil Rusak

Minggu, 27 November 2022 | 17:00 WIB

4 Tips Berkendara Aman Berlibur ke Alam Terbuka

Kamis, 24 November 2022 | 08:35 WIB
X