Sabtu, 10 Desember 2022

Waduh! Inggris, Denmark, Jerman Ancam Tinggalkan FIFA Gegara Kampanye LGBT Dilarang

- Kamis, 24 November 2022 | 17:01 WIB
Timnas Kroasia gagal meraih kemenangan atas Maroko di laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022 (@FaktaSepakbola)
Timnas Kroasia gagal meraih kemenangan atas Maroko di laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022 (@FaktaSepakbola)

JAKARTA, kilat.com- Inggris, Denmark, dan Jerman mengancam akan keluar dari FIFA karena kampanye LGBT dilarang saat perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti dikutip dari Sport Bible, Denmark berencana mengadakan pertemuan dengan negara-negara UEFA lainnya mengenai kemungkinan meninggalkan FIFA, menyusul keputusan otoritas sepak bola dunia itu selama Piala Dunia di Qatar.

Menjelang kick off Piala Dunia 2022, tujuh negara menulis surat kepada FIFA untuk menjelaskan alasan mereka ingin menggunakan ban kapten pelangi untuk mendukung hak-hak LGBT.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Modal Asing Keluar Rp89,57 Triliun dari RI per 22 November 2022

Namun, FIFA tidak berhasil menampung aspirasi ketujuh anggotanya itu. FIFA gagal melakukan lobi terhadap pemerintah Qatar yang sangat tegas menolak segala bentuk kampanye LGBT di negaranya.

Kemudian FIFA merespons keinginan Qatar dengan melayangkan larangan serta ancaman sanksi kartu kuning kepada kapten tim yang nekat menggunakan ban kapten pelangi.

Kapten tim Inggris, Harry Kane, yang semula ngotot untuk mengenakan ban kapten pelangi jelang lawan Iran, terpaksa membatalkan niatnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Komentari Soal Kemenangan Jepang Atas Jerman di Piala Dunia: Kebangkitan Asia!

Ketua FA Denmark (DBU) Jesper Moller mengungkapkan siap menggelar pertemuan dengan 55 negara anggota UEFA untuk membahas kemungkinan meninggalkan FIFA.

Halaman:

Editor: Anggi Tiar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X