• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

5 Fakta Unik di Balik Gersangnya Gurun Sahara

Vie of Gurun Sahara / Freepik
Vie of Gurun Sahara / Freepik

JAKARTA, kilat.com- Sahara merupakan gurun panas terbesar di dunia yang mencakup sebagian besar Afrika utara. luasnya meliputi area lebih dari 9 juta km persegi. Dengan iklim yang menakutkan, Sahara adalah salah satu lingkungan paling keras di planet bumi. Suhunya bisa mencapai di atas 50 °C di banyak tempat. Walau terkenal, masih banyak orang yang tidak mengetahui fakta unik di balik gurun ini. Di bawah ini adalah fakta unuk tentang Gurun Sahara:

1. Kondisi Geografis

Sahara dibatasi oleh Samudra Atlantik di barat, Pegunungan Atlas dan Laut Mediterania di utara, Laut Merah di timur, dan Sahel di selatan. Sebanyak 11 negara mencakup hampir sepertiga dari benua Afrika. Gurun Sahara mencakup sebagian besar Afrika Utara, tetapi itu bukan gurun terbesar di dunia. Namun, itu adalah gurun terbesar ketiga setelah gurun Antartika dan Arktik. Luas total Gurun Sahara adalah sekitar 8.600.000 km².

2. Tumbuhan dan Hewan

Meskipun kondisi gurun yang keras dan kering, daerah ini adalah rumah bagi banyak spesies flora dan fauna. Menurut World Wide Fund for Nature, dikutip dari LiveScience, Gurun Sahara adalah rumah bagi sekitar 500 spesies tumbuhan, 70 mamalia yang dikenal, 90 spesies burung, 100 spesies reptil, serta beberapa laba-laba, Kalajengking, dan artropoda kecil lainnya. Unta adalah salah satu hewan paling terkenal di Sahara karena mereka beradaptasi dengan baik di lingkungan yang panas dan kering.

Baca Juga :
Deal! RI-Afrika Selatan Sepakat Perkuat Kerjasama Manufaktur

3. Kondisi Iklim

Curah hujan tahunan di Sahara berkisar dari nol hingga sekitar 49 ml, dan di beberapa tempat tidak ada hujan selama beberapa tahun.

 Kadang-kadang turun salju di ketinggian. Suhu musim panas sering kali melebihi 38 derajat Celcius pada siang hari dan dapat turun hingga mendekati titik beku pada malam hari.

4. Populasi mencapai 20 juta orang

Gurun Sahara adalah tujuan populer untuk bukit pasir yang indah. Bukit pasir adalah bukit pasir lepas yang terbentuk oleh arus angin. Meskipun temperature udaranya sangat panas, tetapi masih banyak orang-orang tinggal di sini. Bahkan ada 11 negara di Gurun Sahara dan sekitar 20 juta orang tinggal di negara-negara ini.

Baca Juga :
Penasaran, Kenapa Pintu Pesawat Ada di Sebelah Kiri? Ini Penjelasannya

5. Dataran Tinggi di Sahara

Sahara adalah rumah bagi banyak pegunungan dan beberapa gunung berapi aktif dan tidak aktif. Emi Koussi adalah gunung berapi yang tidak aktif, yang merupakan titik tertinggi di Sahara dengan ketinggian 3.415 meter.

6. Amazon Subur Berkat Sahara

Hutan hujan Amazon Basin Amerika Selatan padat dan subur, berkat biji-bijian dari Gurun Sahara, menurut para ilmuwan. Oleh karena itu, ketika angin kencang melintasi Gurun Sahara, sejumlah besar debu yang mengandung fosfor dibawa melintasi Atlantik dan disimpan di Cekungan Amazon. Setengah dari debu tersapu oleh hujan dan mencapai dasar laut. Sisanya berakhir di lembah Amazon dan membantu tanaman tumbuh. (Ulf)


Baca Juga :
Penasaran Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval? Ini Penjelasannya!

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda