• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Pantai Sawahan, Surga Tersembunyi di Tepus

Pantai Sawahan Tepus. (ig)
Pantai Sawahan Tepus. (ig)

YOGYAKARTA, kilat.com- Tentu kamu akan penasaran dengan pantai yang satu ini. Kamu juga mungkin sedikit terkecoh dengan nama unik pantai ini yang diberi nama Pantai Sawahan. Tidak seperti namanya, pantai ini tidak teletak di pinggir sawah atau terdapat sawah disekitar pantai. Entah kenapa pantai ini oleh warga sekita diberi nama pantai sawahan.

Belum ada informasi yang jelas mengenai asal usul pemberian nama pantai ini. Pantai yang secara administratif terletak di Desa Puwodadi, Kecamatan Tepus ini memang masih satu desa dengan Pantai Jagang Kulon. Sama-sama masih asri, pantai ini juga menyuguhkan panorama pantai berpasir putih dan dikelilingi pepohonan kecil yang rimbun.

Cukup rindang untuk belindung dari matahari yang terik. Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Jagang Kulon. Jadi jika kamu sudah mulai bosan menikmati keindahan Pantai Jagang Kulon, kamu bisa beralih ke Pantai Sawahan ini, ataupun sebaliknya.

Pantai Sawahan tergolong masih sangat sepi dan jarang oang datang kesini. Tak heran apabila kamu mencoba mencari infomasi mengenai pantai ini di google, minim sekali informasi yang akan kamu dapatkan.

Untuk kamu yang mencai ketenangan dengan suasana pantai, tempat ini sangat cocok menjadi rujukan untuk melepas penat. Belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Untuk para explorer mungkin sudah tau tempat ini, tetapi untuk wisatawan biasa pasti tidak akan terlintas bahkan mengetahui info tentang pantai satu ini.

Baca Juga :
Festival Seni Artjog 2022 Resmi Dibuka, Taampilkan Karya Difabel dan Tempat Hits di Jogja

Suasana yang sepi, asri dan damai ini cocok untuk kegiatan camping. Kamu bisa menikmati deburan ombak malam sambil melihat langit penuh bintang atau bulan yang sangat cantik. Terdengar sangat romantis tentunya.

Belum terdapat fasilitas apapun di Pantai Sawahan ini baik kamar mandi maupun warung/ penjual lainnya. Jadi kamu perlu menyiapkan segala sesuatu dengan baik dari rumah. Bayangkan saja kamu sedang camping atau mengunjungi tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota. Kamu perlu membawa bekal atau bahan makanan jika ingin camping di pantai ini.

Masak sambil bercengkama besama menjadi salah satu momen yang mungkin akan sulit kamu lupakan. Tempat wisata ini benar-benar masih asri, sehingga jika kamu berkunjung ke Pantai Sawah ini jangan lupa membawa pulang kembali sampah yang kamu hasilkan. Tempat wisata ini belum dikelola, baik swadaya maupun secaa profesional. Jadi kamu tidak akan melihat petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah-sampahmu, kamu perlu betanggungjawab sendiri atas sampah yang dihasilkan utuk menjaga keasriannya. Keindahan pantai pasir putih yang ditawarkan dipantai ini juga didukung kebersihan pantai. Kamu tidak akan menemukan sampah plastik di sepanjang pantai. Bahkan sampah kiriman dari lautpun sangat minim. Tentu sudah tebayang bukan bagaimana keindahan Pantai Sawahan ini. Tak hean para traveller menyebut pantai ini sebagai salah satu surga tesebunyi di Kecamatan Tepus.

Untuk menuju ke pantai ini kamu perlu menuju jalan utama di Wonosari, Gunung Kidul. Ambil aah ke Kecamatan Tepus, Kemudian arahkan kendaraanmu menuju Desa Puwodadi.

Setelah sampai desa itu, kamu tinggal bertanya dengan sopan kepada penduduk sekitar terkait lokasi Pantai Sawahan. Warga akan dengan senang hati menunjukkan jalan menuju Pantai Sawahan ini. Tida ada kendaraan umum yang tesedia untuk menuju pantai ini. Jadi kamu perlu membawa kendaaan pibadi, atau kamu juga bisa meminta agen travel untuk mengantarkamnu sampai pantai ini. Tetapi perlu dipastikan juga kamu akan mendapatkan kendaraan untuk kembali ke kota. Untuk kamu para traveller dan pencinta kesunyian perlu membuat satu list tambahan untuk mengunjungi Pantai Sawahan ini.

Baca Juga :
Sultan HB X Kembali Ditetapkan Jadi Gubernur DIY Periode 2022-2027

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA