• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Jangan Dicukur Habis! Ini 4 Manfaat Bulu Ketiak

Ilustrasi bau ketiak/Freepik
Ilustrasi bau ketiak/Freepik

JAKARTA, kilat.com- Memiliki rambut ketiak atau bulu ketiak merupakan hal normal yang tumbuh di bawah ketiak. Pada umumnya, bulu ketiak akan tumbuh sejak masa pubertas atau ketika anak tumbuh dewasa. walaupun bulu ketiak yang terkesan menganggu, ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Bulu juga ketiak termasuk jenis rambut terminal yang berasal dari rambut lanugo yang tumbuh sejak bagi. rambut itu akan berkembang menjadi rambut vellus atau rambut bayi di masa kanak-kanak.

Begitu memasuki masa pubertas, rambut vellus di ketiak tumbuh menjadi rambut terminal yang tebal, kuat, dan warna lebih gelap. Kepekaan hormon androgen juga memengaruhi banyak sedikitnya bulu tumbuh di beberapa bagian tubuh. Semakin tinggi kadar hormon androgen di tubuh, bulu ketiak, dada, perut, atau kaki jadi semakin banyak.

Berikut beberapa manfaat bulu ketiak yang tak boleh disepelekan:

1. Mengurangi Gesekan Antar Kulit Ketiak

Fungsi bulu kettiak yang tak kalah pentingyaitu mencegah menghalangi antar kulit keliak pada saat melakukan aktivitas tertentu seperti berlari atau berjalan, kulit cenderung tidak teriritasi dan bertemu dengan bermain.

2. Membuat Ketiak Lebih Hangat

Rambut yang tetap tumbuh di ketiak bisa membantu menjaga panas masuk ke tubuh. Melansir Your Tango, jika Anda tinggal di daerah dingin bulu ketiak tentu membantu tubuh tetap hangat.

Baca Juga :
Cuci Muka dengan Air Dingin Bikin Kulit Glowing? Ini Penjelasannya

3. Buat Tubuh Lebih Segar

Bagi para atlet, bulu ketiak bisa membantu menyerap semua keringat. Hal ini merupakan penyebab bakteri penyebab bau dari kulit yang menyebabkan bau badan.

4. Memperkuat Aroma Fenomon

Feromon adalah bahan kimia alami yang digunakan untuk menarik pasangan. Ketiak mengeluarkan bau yang mengandung feromon. Dengan mempertahankan bulu ketiak, bau atau aroma alami tubuh bisa lebih menempel di rambut ketiak, sehingga feromon jadi lebih kuat. Hal ini membuktikan aroma alami pasangan bisa menghilangkan stres. (ulf)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA