• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Simak! Ini 5 Cara Kecilkan Perut Buncit pada Wanita: Biar Pede Lagi!

Ilustrasi Perut Buncit pada Wanita (Foto: Freepik)
Ilustrasi Perut Buncit pada Wanita (Foto: Freepik)

JAKARTA, kilat.com- Perut buncit kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri perempuan. Lingkar perut lebih dari lebih 89 cm pada wanita berarti mengindikasikan konsentrasi lemak perut yang berlebih atau perut buncit.

Penyebab perut buncit pada perempuan dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain jumlah kalori yang dikonsumsi, jumlah kalori yang dibakar, dan usia. Makan berlebihan dan kurang olahraga juga merupakan penyebab utama kelebihan berat badan atau perut buncit.

Namun tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk mengecilkan perut buncit pada wanita agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan yang disebabkan perut buncit.

Berikut cara mengecilkan perut khusus buat wanita:

1. Kurangi Minuman Manis

Minuman manis adalah salah satu penyebabnya. Sebut saja minuman seperti minuman bersoda, minuman kopi dengan racikan tertentu, dan minuman kemasan lainnya. Semua minuman tersebut tinggi gula, yang dapat menyebabkan lemak menumpuk di area tubuh tertentu, termasuk perut. Sebaiknya minum yang bebas gula minuman atau lebih selektif dengan minuman kemasan.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa wanita yang kelebihan berat badan bisa menurunkan hampir 2 kilogram berat badannya jika minum air putih minimal 1 liter atau lebih selama 12 bulan.

Baca Juga :
Benarkah Mitos Miinum Pill KB Bikin Gemuk? Ini Faktanya

3. Makan Makanan yang Sehat

Selanjutnya, perbanyak konsumsi makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta pilih sumber protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Dan juga perlu untuk membatasi gula tambahan maupun lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging, keju dan mentega. Sebaiknya ganti asupan lemak dengan ikan, kacang-kacangan ataupun minyak nabati.

4. Olah Stress

Perut buncit pada wanita tak hanya berasal dari asupan makanan sembarangan. Namun, juga dapat diperoleh dari tingkat stres yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, kadar kortisol tinggi akan meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak di perut.

Hal ini membuat perut semakin buncit. Terlebih, pada wanita yang memiliki pinggang besar akan cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Sebaiknya lakukan aktivitas menyenangkan seperti meditasi atau yoga.

5. Olahraga

Selain itu, berolahraga juga bisa mengecilkan berat badan bahkan perut bucit. Bisa berolahraga seperti jalan cepat setidaknya 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik intensitas berat, seperti lari, selama 75 menit sepekan. Jika menggunakan penghitung langkah, dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah sehari untuk mencegah naiknya berat badan. Namun, harus dilakukan secara rutin. (ulf)


Baca Juga :
Sering Disalahartikan, Psikolog Ungkap Self Healing Bukan Sekedar Liburan

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA