• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Tips Memilih Sunscreen Wajah Terbaik Agar Tidak Kusam

Ilustrasi Sunscreen
Ilustrasi Sunscreen

JAKARTA, kilat.com- Yuk! Lindungi kulit wajah anda dari bahaya sinar UV yang dapat mengakibatkan kulit terbakar dan ancaman kanker kulit. Menjaga kesehatan kulit wajah juga termasuk hal wajib, lho!

Penggunaan Sunscreen merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan setiap hari tidak hanya untuk perempuan saja, melainkan laki-laki juga wajib menggunakan Sunscreen.

Saat ini sudah banyak berbagai macam produk Sunscreean di pasaran yang berlomba-lomba menawarkan keunggulannya masing-masing dari produk itu sendiri. Perlu diketahui, tidak boleh asal-asalan saat memilih produk Suncreen, carilah produk dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki.

Hal ini sangat penting dalam pemilihan suncreean, karena beda jenis atau tipe kulit akan berbeda pu;a jenis suncreen yang digunakan.

Lantas bagaimana cara memilih produk Sunscreen yang tepat sesuai dengan kulit anda? Yuk simak tips memilih Sunscreen berikut ini.

Baca Juga :
Ini Tips Aman Gunakan Skincare Pagi bagi Pemula

1. Kenali jenis produk sunscreen terlebih dahulu

Hal ini wajib diperhatikan, karena setiap produk mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda.

Ada dua jenis sunscreen yaitu sunscreen jenis mineral (physic) biasanya digunakaan untuk aktivitas diluar ruangan atau outdoor dan sunscreen jenis chemical biasanya digunakaan saat sedang beraktivitas ringat atau di indoor.

2. Pilih tingkat SPF sesuai kebutuhan

Meskipun klaim pada sunscreen dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV, bukan berarti semua tingkat SPF bisa bebas menggunakannya. Sebaiknya, cek terlebih terlebih dulu level SPF yang sesuai dengan kebutuhan. Karena sunscreen terdiri dari berbagai jenis, mulai dari SPF 15, 20, 30, dan 50

Baca Juga :
Simak! Ini 5 Kandungan Skincare Tuk Cegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah Pria

3. Suncreen untuk kulit berjerawat dan berminyak

Saat memilih sunscreen sangat penting memperhatikan komposisi dan formulasi yang digunakan didalamnya. Jika anda memiliki kulit berjerawat dan berminyak harus dengan cermat memilih sunscreen jika salah memilih bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, bahkan iritasi pada kulit anda.

Dan disarankan bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat menggunakan sunscreen berbasis air, bukan minyak. Ini bertujuan agar bahan sunscreen mudah terserap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori.

Untuk SPF disarankan menggunakan SPF di atas 30 untuk mendapatkan perlindungan optimal.

4. Sunscreen untuk kulit kering dan sensitif

Baca Juga :
Hits di Korea Selatan, Ini 3 Manfaat Mugwort untuk Perawatan Kulit Wajah

Jika jenis kulit anda kering atau sensitif, disarankan menggunakan sunscreen yang terbuat dari mineral. Karena suncsreen mineral mampu melindungi dan melembapkan kulit secara bersamaan.

Bahkan sunscreen mineral pun sangat cocok digunakan anak-anak dan orang-orang dengan kulit yang lebih rentan terkena dampak sinar matahari.

5. Suncreen untuk kulit normal

Bagi pemilik kulit normal tentunya tidak perlu bingung memilih produk sunscreen terbaik. Pasalnya kulit normal lebih mudah beradaptasi dengan tekstur, kandungan, maupun sifat lainnya dari suatu produk skincare.

Kulit normal bisa menggunakan suncreen jenis apa saja baik yang bertekstur gel, krim maupun loction. Cukup disesuaikan dengan kebutuhkan kulit anda masing-masing.

Baca Juga :
Bahan Skincare Hits di Korea Selatan, Ini Manfaat ‘Mugwort’ untuk Kulit Wajah

6. Sunscreen untuk kulit kombinasi

Sedangkan untuk kulit kombinasi, umumnya produk sunscreen yang digunakan bisa sesuaikan dengan karakter kulit masing-masing.

Area berminyak biasanya terpusat area T-Zone seperti dahi, hidung dan dagu. Sedangkan area yang lebih kering berada di pipi atau sekitar mata.

Untuk kulit kombinasi harus pintar-pintar memilih sunscreen non komedogenik, karena kulit kombinasi biasanya bermasalah dengan komedo. Mungkin anda harus mencoba beberapa jenis sunscreen sebelum mendapatkan suncreen yang terbaik dan cocok dengan kulit anda. (ulf)

Baca Juga :
Ibu Hamil Wajib Waspada, Retinol Dapat Sebabkan Keguguran, Ini Penjelasannya

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA