• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Ketika Kuliner Asing Berpadu dengan Musik Nusantara

Restoran Pho Q. (AZIZAH/KILATCOM)
Restoran Pho Q. (AZIZAH/KILATCOM)

JAKARTA, kilat.com- Untuk mengubah suatu persepsi dibutuhkan suatu perencanaan. Restoran Pho Q yang berlokasi di Kemang Jakarta Selatan contohnya. Inovasi yang dilakukannya yakni menjadikan restoran yang dikenal bukan hanya sekedar tempat makan, namun juga sebagai bar. Konsep yang dibawa Pho Q sendiri sebagai ‘bar’ sangat melekat. 

Hal ini menjadikan Pho Q ingin mengubah persepsi masyarakat bukan hanya dikenal sebagai ‘bar’ tetapi juga restoran yang menyediakan makanan fusion atau percampuran dari dua kebudayaan. 

Dalam hal ini Pho Q mengeluarkan menu baru yang terinspirasi dari ‘bakso abang-abang’ yang biasa ditemui di pinggir jalan. Beranjak dari ide ini terciptalah suatu hidangan baru bernama ‘Pho Dac Biet’ dan ‘Pho Vien’. Dua hidangan tersebut merupakan perpaduan dari hidangan khas Vietnam yaitu ‘Pho’ dengan hidangan Indonesia yaitu ‘Bakso’.

Untuk memperkenalkan menu baru dari Pho Q serta membangun awareness bahwa Pho Q bukan hanya Bar melainkan Restoran, maka diperlukan strategi komunikasi yang tepat dalam mengimplementasikan hal ini.

Menurut Effendy (2003), strategi komunikasi adalah panduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen komunikasi (communication management) untuk mencapai suatu tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut strategi komunikasi harus memiliki pendekatan (approach) yang bisa berbeda sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi. 

Baca Juga :
Jerinx Bebas, Superman is Dead Comeback dan Bagikan Tips Langgeng Berkarya

Pho Q sangat dikenal di kalangan anak muda, maka dari itu pendekatan yang cocok dengan anak muda yaitu dengan musik. Sebelumnya Pho Q telah menggunakan pendekatan ini sebagai salah satu bentuk strategi komunikasi kepada customernya, mereka pernah mengadakan event yang berkolaborasi dengan tech house therapy dimana acara tersebut ditayangkan hybrid via youtube Tech House. Respon masyarakat pun cukup antusias menanggapi hal ini.

Maka dari itu Pho Q melakukan pendekatan untuk strategi komunikasi kali ini dengan menyelenggarakan serangkaian event berjudul “Perayaan Rasa & Suara” yang dimulai dari tanggal 13 Juni sampai dengan 4 Juli 2022 kemarin. 

Acara “Perayaan Rasa & Suara” dimulai dengan serangkaian social media content yang diunggah di Instagram dan TikTok Pho Q. Menariknya pada salah satu konten di TikTok Pho Q (https://vt.tiktok.com/ZSR2n4oDb/?k=1) mereka memperlihatkan review menu salah satu hidangan tanpa memberi tahu nama dari hidangan tersebut. Hal ini mengundang rasa penasaran dari para audiens yang melihatnya dan menjadi salah satu strategi komunikasi yang dilakukan untuk menaikan social media engagement dari TikTok Pho Q.

Pho Q mengundang Remaja Nusantara sebagai pengisi acara pada malam grand launching menu baru mereka pada tanggal 22 Juni 2022. Remaja Nusantara merupakan wadah untuk membahas seni budaya Indonesia yang dibahas secara khusus. Tidak hanya seni dari wastra nusantara saja yang mereka bahas, mereka juga membawakan performance dengan lagu-lagu lokal dari penyanyi Indonesia. Hal ini sangat selaras dengan tujuan awal dari Pho Q, dimana mereka ingin memperkenalkan menu barunya yang merupakan perpaduan antara hidangan Khas Nusantara dan juga Vietnam dengan dibalut dengan musik Nusantara.

Malam grand launching disambut dengan antusias oleh para pengunjung, banyak yang datang dengan berbalut kain batik sembari mencoba menu baru yang disediakan Pho Q sambil menikmati musik yang dibawakan oleh Remaja Nusantara. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh Pho Q dalam memperkenalkan menu barunya berhasil menarik minat dari khalayak umum. (Azizah Fachrina)

Baca Juga :
Mudah! Ini Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA