Wow! Ilmuwan Miliki Terobosan Baru untuk Obati Kematian, Begini Penjelasannya

Ilustrasi Kehidupan / Freepik

JAKARTA, kilat.com- Studi terbaru mungkin mengubah definisi terbaru tentang kematian karena dalam terobosan potensial, tim ilmuwan mampu memulihkan aliran darah babi yang mati selama satu jam. Mereka juga berhasil mengembalikan fungsi sel di beberapa organ.

Dalam studi yang diterbitkan pada Rabu (3/8/2022) di jurnal ilmiah Nature, para peneliti di Universitas Yale mengumumkan bahwa mereka menggunakan teknologi baru untuk memulihkan sel dan mengembalikan fungsi sel hewan.

Studi ini tampaknya menjadi tonggak sejarah dalam membuka jendela baru dan kemungkinan pengumpulan organ manusia untuk transplantasi. Teknologi yang digunakan peneliti bisa membantu organ bertahan lebih lama jika setelah kematian. Ini bisa menjadi berkat bagi jutaan orang di seluruh dunia.

David Andrijevic, seorang ilmuwan peneliti asosiasi dalam ilmu saraf di Yale School of Medicine dan salah satu penulis utama studi tersebut, mengatakan, "Semua sel tidak langsung mati, ada rangkaian peristiwa yang lebih berlarut-larut. Ini adalah proses di mana Anda dapat campur tangan, hentikan, dan pulihkan beberapa fungsi seluler."

Brendan Parent, asisten profesor bioetika di NYU Grossman School of Medicine, tercengang. Seperti dikutip oleh NBC News, Parent berkata, "Otak saya pergi ke semua tempat gila yang bisa kita kunjungi dalam 20 atau 30 tahun." Orang tua tidak dilibatkan dalam penelitian.

Peneliti: Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Virus Intoleransi dan Radikalisme

Sebelumnya pada 2019, tim yang berbasis di AS berhasil memulihkan fungsi sel di otak babi beberapa jam setelah dipenggal.

Dalam studi terbaru, para peneliti telah menggunakan teknik yang sama yang digunakan pada 2019 dan memperluasnya ke seluruh tubuh. Untuk melakukan penelitian, mereka menginduksi serangan jantung pada babi yang dibius. Ketika darah berhenti mengalir melalui tubuh, mereka menerapkan teknik tersebut.

Cairan yang mengandung darah babi itu sendiri, serta bentuk sintetis dari hemoglobin dan obat-obatan yang melindungi sel dan mencegah pembekuan darah dipompa ke dalam tubuh babi yang mati. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah.

Darah mulai beredar kembali dan banyak sel mulai berfungsi termasuk di organ vital seperti jantung, hati dan ginjal, selama enam jam berikutnya percobaan.

Nenad Sestan, penulis senior studi tersebut dan seorang peneliti di Universitas Yale, mengatakan kepada wartawan: "Sel-sel ini berfungsi beberapa jam setelah mereka seharusnya tidak berfungsi - apa ini memberitahu kita bahwa kematian sel dapat dihentikan." (nda)