Wow! Ilmuwan Kembangkan ‘Embrio Sintetis’ Pertama di Dunia via Sperma, Telur dan Pembuahan, Begini Hasilnya

Embrio alami (kiri) dibandingkan dengan embrio sintetis (kanan) [ sumber: Weizmann Institute]

JAKARTA, kilat.com- Dalam pencapaian yang luar biasa, para ilmuwan menghasilkan "embrio sintetis" pertama di dunia tanpa membutuhkan sperma, telur, atau pembuahan. Para peneliti di Weizmann Institute di Israel menemukan bahwa sel punca tikus dapat dirakit sendiri menjadi struktur yang menyerupai embrio awal dan memiliki saluran usus, otak yang sedang berkembang, dan jantung yang berdetak.

Konstruksi hidup, sering disebut sebagai embrio sintetik karena dibuat tanpa telur yang dibuahi, diharapkan dapat memajukan pemahaman kita tentang bagaimana organ dan jaringan berkembang sepanjang pertumbuhan embrio alami dalam waktu dekat.

Terobosan, bagaimanapun, juga dapat mengurangi penggunaan hewan dalam percobaan dan akhirnya membuka pintu untuk pasokan sel dan jaringan baru untuk digunakan dalam transplantasi manusia, menurut para peneliti.

Misalnya, sel kulit pasien leukemia mungkin diubah menjadi sel induk sumsum tulang untuk mengobati penyakitnya. Tim yang sama melaporkan bagaimana mereka telah menciptakan rahim buatan yang memungkinkan embrio tikus asli berkembang di luar rahim selama beberapa hari tahun lalu. Dalam studi terbaru, alat yang sama digunakan untuk menumbuhkan sel induk tikus selama lebih dari seminggu hampir setengah dari durasi kehamilan tikus.

Sementara beberapa sel menjalani pretreatment kimia untuk mengaktifkan program genetik yang akan menyebabkan mereka berkembang menjadi plasenta atau kantung kuning telur, sel-sel lain secara alami menjalani perkembangan organ dan jaringan lainnya.