• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Misterius! Penemuan Ubur-ubur di Lepas Pantai Papua Nugini Bikin Ahli Bingung

Dorian Borcherds, seorang penyelam di Irlandia, baru-baru ini merekam video ubur-ubur yang tampak aneh di lepas pantai Papua Nugini / WION NEWS
Dorian Borcherds, seorang penyelam di Irlandia, baru-baru ini merekam video ubur-ubur yang tampak aneh di lepas pantai Papua Nugini / WION NEWS

JAKARTA, kilat.com- Dorian Borcherds, seorang penyelam di Irlandia, baru-baru ini merekam video ubur-ubur yang tampak aneh di lepas pantai Papua Nugini. Penyelam itu melihat tiga atau empat ubur-ubur, kagum dengan desain mereka yang tepat dan cara mereka tampak bergerak dengan kuat di dalam air.

Dengan ratusan pertanyaan, dia meneruskan video tersebut kepada istrinya di Afrika Selatan, Dr. Lisa-ann Gershwin, ahli ubur-ubur di Australian Marine Stinger Advisory Services, memposting video tersebut di aplikasi Jellyfish untuk menemukan solusi. Dokter mengakui bahwa dia kesulitan menahan kegembiraannya ketika dia pertama kali melihat ubur-ubur, lapor berita Fontoura.

Gershwin sekarang percaya bahwa organisme yang luar biasa itu adalah spesies baru, yang bertentangan dengan asumsi awalnya bahwa rekaman itu adalah penampakan kedua ubur-ubur misterius yang dikenal sebagai Chirodectes maculatus, sesuai dengan teori yang ditemukan beberapa dekade lalu di Great Barrier Reef. Dia yakin dengan kesimpulannya, tetapi penelitiannya untuk klasifikasi spesies belum ditinjau.

Spesialis ubur-ubur lainnya, Prof. Kylie Pitt, seorang ahli ekologi laut, menyarankan bahwa itu mungkin spesies baru, tetapi dia tidak percaya itu layak untuk ditentukan berdasarkan video. Namun, dia menerima bahwa dia belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya.

Sementara di sisi lain, menurut Gershwin, dia mengklaim bahwa itu adalah Chirodectes maculatus yang terlihat sekali pada tahun 1997 di Queensland utara. Dia dan Peter Davie, seorang pensiunan kurator tapi masih aktif dari Museum Queensland, membantunya.

Baca Juga :
Apa Itu Kepribadian Introvert? Yuk Kenali Ciri-cirinya

Keduanya dengan hati-hati memeriksa video dan mencatat bahwa ubur-ubur itu lebih besar dari yang bisa muat di tangan kita, kira-kira seukuran bola sepak dan perbedaan teknis lainnya. Pada akhirnya, mereka berdua menyimpulkan bahwa itu adalah beberapa spesies baru, kemungkinan besar termasuk dalam genus yang sama seperti yang terlihat pada tahun 1997. (nda)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA