• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Dewan Kopral Dibentuk untuk Saingi Dewan Kolonel Puan, Ini Respons Mengagetkan Ganjar

Ganjar Pranowo Komentari Pertemuan Surya Paloh dan Puan Maharani / ANTARA NEWS
Ganjar Pranowo Komentari Pertemuan Surya Paloh dan Puan Maharani / ANTARA NEWS

JAKARTA, kilat.com- Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) akan membuat 'Dewan Kopral'. 'Dewan Kopral' itu dibentuk untuk menandingi 'Dewan Kolonel' besutan loyalis Puan Maharani.

'Dewan Kolonel' dipublikasikan loyalis Puan awal pekan ini. Ada enam anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI yang mencetuskan pembentukan 'Dewan Kolonel'. Pembentukan itu kemudian dilaporkan oleh Ketua F-PDIP Utut Adianto kepada Puan dan disetujui.

"Iya sepakat (enam orang). Saya yang ngusulin. Kita bentuk 'Dewan Kolonel', berkembang, terus dilaporkan ke Mbak Puan. Mbak Puan setuju," kata loyalis Puan, Johan Budi, kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9).

Pendukung Ganjar Pranowo dari GP Mania membentuk 'Dewan Kopral' setelah Fraksi PDIP DPR RI membuat 'Dewan Kolonel' untuk mendukung Puan Maharani. Ganjar berharap relawan mana pun jaga situasi politik tetap kondusif.

Saat ditanya soal Dewan Kopral tersebut, Ganjar menegaskan keputusan soal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 menjadi kewenangan partai. Relawan bisa melakukan kolaborasi dengan pihak partai, terlebih jika calonnya sudah ditetapkan oleh partai.

Baca Juga :
Airlangga Bertemu Puan Sabtu Ini, PDIP: Doakan Jakarta Tidak Banjir

"Keputusan capres menjadi kewenangan partai. Relawan bisa kolaborasi dengan partai apalagi kalau calon sudah ditetapkan," kata Ganjar mengutip detikJateng, Kamis (22/9/2022).

Maka menurut Ganjar, para relawan dan pendukung siapa pun harus menjaga suasana politik yang kondusif. Salah satunya tidak dengan saling serang sehingga masyarakat teredukasi.

"Agar situasi politik kondusif, pendidikan politik tetap bisa berjalan sehingga demokratisasi makin dewasa maka sebaiknya relawan dari pendukung siapa pun turut menjaga suasana kondusif," jelas Ganjar.

"Tidak saling serang dan tapi mengedukasi publik dengan diksi yang baik. Jangan saling memancing dan terpancing. Semua diharapkan bisa menahan diri. Sabar," kata dia. (cen)

Baca Juga :
Puan Maharani: Pertemuan P20 Sangat Strategis Bicarakan Ekonomi Dunia

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA