• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Bawaslu Bali Harapkan Partisipasi Perempuan Jadi Panwascam

Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani (kanan) dalam rapat persiapan rekrutmen panwascam di ruang rapat Bawaslu Kabupaten Buleleng, di Singaraja, Jumat (23/9/2022). ANTARA/HO-Bawaslu Bali.
Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani (kanan) dalam rapat persiapan rekrutmen panwascam di ruang rapat Bawaslu Kabupaten Buleleng, di Singaraja, Jumat (23/9/2022). ANTARA/HO-Bawaslu Bali.

BALI, kilat.com- Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani menginginkan dan mendorong adanya keterwakilan perempuan di setiap kecamatan se-Kabupaten Buleleng dalam rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang bertugas dalam tahapan Pemilu 2024.

"Saya harap, hingga hari terakhir pendaftaran panwascam, di setiap kecamatan ada keterwakilan perempuan yang melamar, untuk itu Bawaslu Buleleng harus terus secara berkelanjutan lakukan sosialisasi," kata Ariyani di Singaraja, Buleleng, Jumat.

Ariyani menyampaikan hal tersebut dalam rapat persiapan rekrutmen panwascam di ruang rapat Bawaslu Kabupaten Buleleng yang dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Putu Sugi Ardana beserta jajaran komisioner.

Selain itu juga dihadiri Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Buleleng I Wayan Duala Arsayasa serta Panitia Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Buleleng.

Dalam kesempatan itu, Ariyani juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah kabupaten terutamanya dalam fasilitasi SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tenaga kesekretariatan di masing-masing kecamatan, termasuk juga fasilitasi sarana prasarana dalam hal proses rekrutmen.

Baca Juga :
Bawaslu Agam Tagih Partisipasi Parpol Awasi Pelaksanaan Pemilu

"Dalam proses rekrutmen, tesnya akan dilaksanakan dengan Sistem Computer Assited Test (CAT) yang soalnya dari Bawaslu RI, untuk itu kami harap dapat difasilitasi oleh pemerintah," ucapnya.

Selain itu, untuk BPKSDM juga dimohonkan dukungan tenaga ASN yang nantinya ditugaskan di Sekretariat Panwascam yang jumlahnya sebanyak 3 orang ASN.

Sementara itu Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Buleleng I Wayan Duala Arsayasa menyampaikan pihaknya telah melakukan koordinasi dan pemetaan tenaga ASN yang ada di kecamatan.

Ia meyakini Pemerintah Kabupaten Buleleng akan berupaya maksimal dalam memberikan dukungan demi kelancaran Pemilu 2024.

"Merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah memberikan fasilitasi untuk Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai tupoksinya, untuk proses pembentukan kesekretariatan akan dilakukan secara maksimal" ujarnya,

Baca Juga :
Bawaslu: Lebih Baik Cegah Sengketa Pemilu Ketimbang Melanggar

Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana berharap proses rekrutmen panwascam dapat memenuhi kebutuhan pelamar di setiap kecamatan, termasuk keterwakilan perempuan di masing-masing kecamatan.

Setelah proses penerimaan berkas selesai, akan dilaksanakan tes tertulis melaui CAT dan tes wawancara, untuk tes tertulisnya akan dilaksanakan di SMKN 2 Singaraja.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Buleleng untuk dukungan fasilitasi sarana prasarana rekrutmen panwascam dan juga fasilitasi tenaga ASN untuk kesekretariatan," katanya.

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA