• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

KPU Jatim Buka Akses Keterbukaan Informasi Publik

KPU Jatim menggelar bimtek keterbukaan informasi publik dalam penyelengaraan tahapan Pemilu 2024 di Gresik, 22 - 23 September 2022. (ANTARA/ HO-KPU Jatim)
KPU Jatim menggelar bimtek keterbukaan informasi publik dalam penyelengaraan tahapan Pemilu 2024 di Gresik, 22 - 23 September 2022. (ANTARA/ HO-KPU Jatim)

SURABAYA, kilat.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan siap membuka akses keterbukaan informasi publik terkait penyelenggaraan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan lembaga penyelenggara pemilu wajib memberikan akses keterbukaan informasi kepada publik.

"Ada tiga napas utama di KPU, yakni integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas. Akuntabilitas dapat diwujudkan salah satunya dengan transparansi," kata Anam melalui keterangan tertulisnya, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, menjaga akuntabilitas menjadi sarana membangun pemilu yang "legitimate" melalui upaya membangun kepercayaan kepada publik.

"Partisipasi publik tidak bisa dibangun secara instan sehingga harus menggunakan kerja terukur," ujar dia.

Baca Juga :
Peneliti: Dua Parpol Baru Berpeluang Lolos ke Senayan

Untuk itu, Anam mengimbau KPU kabupaten/kota di wilayah Jatim untuk membuka seluas-luasnya informasi, termasuk soal serapan anggaran.

Imbauan tersebut salah satunya disampaikan melalui bimbingan teknis (bimtek) yang digelar di lingkungan KPU kabupaten/kota se- Jatim yang berlangsung selama dua hari, 22-23 September 2022, di Gresik.

Anam menjelaskan kegiatan bimtek dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi, peningkatan pengelolaan, dan penyamaan persepsi terkait keterbukaan informasi publik di lingkungan KPU provinsi dan kabupaten/kota se-Jatim.

"Pada sesi berikutnya dijadwalkan akan disampaikan materi terkait evaluasi penyusunan daftar informasi publik serta klasifikasi informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur," kata dia.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah hadir pada hari pertama penyelenggaraan bimtek. Ia berharap forum ini menjadi awal yang baik bagi KPU dalam menyelenggarakan tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga :
Gerindra Sebut Cak Imin Cawapres Paling Potensial Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

"Mudah-mudahan dengan diselenggarakan bimtek, penyelenggaraan KPU dalam keterbukaan informasi publik semakin membuka wawasan masyarakat bahwa tidak ada lagi hal-hal yang disembunyikan. Saya berharap KPU Jatim selalu menjadi yang terbaik," kata Aminatun.

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA