• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

KPU Mamuju Buka Layanan 24 Jam untuk Layani Keluhan Parpol

KPU Mamuju menggelar rapat koordinasi perbaikan dan penyampaian dokumen parpol peserta Pemilu 2024 di Mamuju, Selasa (20/9/2022). ANTARA Foto/M Faisal Hanapi
KPU Mamuju menggelar rapat koordinasi perbaikan dan penyampaian dokumen parpol peserta Pemilu 2024 di Mamuju, Selasa (20/9/2022). ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

MAMUJU, kilat.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan pelayanan 24 jam untuk konsultasi partai politik (Parpol) pada tahapan verifikasi administrasi Parpol Pemilu 2024.

"KPU Mamuju telah menggelar rapat koordinasi masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan Parpol calon Peserta Pemilu 2024," kata Ketua KPU Mamuju, Hamdan Damkang di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut instruksi KPU RI tentang verifikasi adminisitrasi parpol calon peserta Pemilu 2024.

"Rakor ini bertujuan untuk membangun kesepahaman bersama tentang petunjuk teknis (juknis) dari KPU RI karena terdapat beberapa perubahan juknis, mulai dari tanggal tahapan, terkait verifikasi parpol," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, KPU Mamuju membuka pelayanan 24 jam jika terdapat hal yang tidak dipahami parpol dalam verifikasi administrasi parpol calon peserta Pemilu 2024.

Baca Juga :
Bawaslu: Lebih Baik Cegah Sengketa Pemilu Ketimbang Melanggar

"Jika ada aturan yang tidak dipahami maka harap berkonsultasi agar tidak terjadi permasalahan dan pelanggaran dalam verifikasi administrasi parpol yang berjalan ini," katanya.

Ketua KPU Provinsi Sulbar Rustang juga mengatakan, aturan yang perlu diperhatikan parpol dalam tahapan verifikasi administrasi adalah daftar keanggotaan, KTA dan KTP atau KK, dan daftar keanggotaan parpol, karena jangan sampai berpotensi ganda.

"Pengurus parpol harus cermat dalam verifikasi administrasi ini, agar parpol yang belum memenuhi syarat (BMS) bisa menjadi memenuhi syarat (MS)," katanya.

Ia meminta, agar jika terdapat pengurus parpol yang ganda dengan partai lain maka hari dilakukan harus diklarifikasi untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga :
KPU Sulsel Targetkan Minimal 300 Pemilih per TPS

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA