• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Menanti Terwujudnya Target Awal Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia Vs Curacao

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menyapa suporter yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya usai mengandaskan Vietnam dengan skor 3-2 pada Minggu (18/9/2022) malam. ANTARA/Moch Asim.
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menyapa suporter yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya usai mengandaskan Vietnam dengan skor 3-2 pada Minggu (18/9/2022) malam. ANTARA/Moch Asim.

JAKARTA, kilat.com- Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia bakal melakoni pertandingan FIFA Matchday melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung (24/9/2022) dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor (27/9/2022).

Dalam laga tersebut, 23 pemain sudah disiapkan untuk memperkuat skuat Garuda. Sebagian besar pemain-pemain tersebut merupakan nama-nama langganan Timnas Indonesia seperti Nadeo Argawinata (Bali United), Ricky Kambuaya (Persib), Fachruddin Aryanto (Madura United), dan lain-lain.

Disisi lain, laga menghadapi Timnas Curacao ini menjadi ajang penantian melihat pembuktian Shin Tae-yong. Ya, pelatih asal Korea Selatan yang didatangkan sejak Desember 2019 itu dibebani target untuk membawa skuad Garuda ke peringkat 150 dunia.

Skuad Garuda bercokol di urutan ke-155 ranking FIFA dengan 1019.19 poin. Berarti, Timnas Indonesia terpaut 71 tangga dari Curacao dalam pemeringkatan anggota FIFA.

Curacao saat ini tercatat berada di posisi ke-84 dalam Ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Negara Kepulauan Karibia itu mengoleksi poin 1293,35. Armada Remko Bicentini itu masih lebih baik dari sejumlah negara menengah di Asia seperti Bahrain, Yordania, hingga Suriah.

Baca Juga :
Jomblo Jangan Baper! Witan Sulaeman Rayakan Kemenangan Indonesia Bersama Istri: Ajak Keliling Stadion Pakansari

Kemenangan, hasil seri, hingga jumlah gol sangat berarti bagi Indonesia untuk memperbaiki peringkat di FIFA. Kabar baiknya, Garuda akan meladeni Curacao dalam dua pertemuan uji coba.

Artinya, dua hasil laga itu diharapkan meningkatkan peringkat. Dengan catatan negara-negara di atasnya kurang beruntung atau tidak menggelar pertandingan resmi di FIFA Matchday.

Skuad asuhan Shin Tae-yong butuh lima langkah untuk bisa tembus 150 dunia, sesuai target saat sang pelatih datang ke Tanah Air.

"Peringkat terpaut jauh tidak apa-apa. Ini yang kita cari. Pemain bisa mendapatkan pengalaman. Saya juga tahu banyak pemain mereka yang bermain di liga-liga hebat di Eropa. Tetapi, jangan patah semangat. Apalagi dua kali pertandingan akan dimainkan di Indonesia (GBLA dan Pakansari). Pasti suporter juga akan mendukung," kata Iriawan seperti dikutip situs resmi PSSI, Jumat (23/9/20220

Iriawan pun berharap suporter untuk berduyun-duyun datang ke stadion untuk mendukung pemain timnas. Ia yakin suporter yang juga pemain ke-12 akan memberikan dampak signifikan permainan di lapangan.

Baca Juga :
Benamkan Curacao, Ranking FIFA Indonesia Naik: Dapat Poin Paling Tinggi Dibanding Anggota AFF

"Datang ke stadion akan lebih baik. Namun, kalau tidak bisa cukup nonton di televisi dan doakan timnas Indonesia bisa menang," tuntasnya.


Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA