• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Roy Suryo Resmi Ditahan, Begini Respons Pelapor

Roy Suryo usai jalani pemeriksaan. Foto: Internet
Roy Suryo usai jalani pemeriksaan. Foto: Internet

JAKARTA, kilat.com- Roy Suryo telah resmi menjadi tahanan atas kasus penistaan agama yang dilakukannya. Keputusan penahanan tersebut disampaikan oleh Polda Metro Jaya pada Jumat (5/8/2022) malam.

Diketahui, Roy Suryo ditahan selama 20 hari di rumah tahanan Polda Metro Jaya. Dengan adanya kabar penahanan tersebut, lalu bagaimana tanggapan dari pelapor?

"Ketika Pak Endra Zulpan (Kabid Humas Polda Metro Jaya) menyampaikan berita bahwa Saudara RS ditahan, saya tidak langsung bergembira atas kabar itu. Tapi ketika beliau (Kombes Zulpan) mengatakan 'karena semua sama di mata hukum' hati saya langsung bergetar," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (6/8/2022).

Kevin menyebutkan bahwa awalnya ia merasa kecewa lantaran Roy Suryo sempat tidak ditahan. Apalagi, masyarakat begitu besar menaruh harapan keadilan hukum kepada Polri.

"Tiba-tiba timbul lagi harapan dan kepercayaan yang begitu besar kepada institusi hukum di tanah air ini. Karena salah satu poin yang kami perjuangan dalam kasus ini adalah 'menuntut kesamaan hukum bagi semua anggota masyarakat, tanpa kecuali'," ujarnya.

Baca Juga :
Tragis! Kakak Beradik di Mojokerto Tewas Terlindas Truk Pengangkut LPG

Kevin juga mengungkapkan bahwa proses penahanan Roy Suryo ini bukan hanya kabar bahagia untuk sesaat agar dapat membangkitkan semangat dan harapan umat Buddha. Tetapi juga agar adanya indikasi keadilan di Indonesia yang berjalan dengan semestinya. Lebih lanjut, Kevin mengajak semua elemen untuk senantiasa mengawal kasus tersebut.

"Saya percaya kejadian malam tadi (penahanan) bukan hanya membangkitkan semangat dan harapan bagi semua anggota Dharmapala Nusantara, namun juga tegaknya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

"Kami tahu ini bukanlah akhir dari perjuangan ini, boleh dikatakan ini barulah permulaan. Oleh karenanya kami tetap mengajak semua pihak untuk terus mengawal kasus ini hingga tuntas nantinya," imbuhnya.

Proses penahanan

Roy Suryo kembali diperiksa untuk ketiga kalinya oleh kepolisian pada Jumat (5/8/2022). Setelah proses pemeriksaan selesai, Roy Suryo akhirnya ditahan polisi.

"Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan tadi siang, maka penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Saudara Roy Suryo Notodiprojo, sebagai tersangka kasus ujaran kebencian ini mulai malam ini dilakukan penahanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga :
Mengejutkan! Ini Peran 6 Perwira yang Diduga Halangi Penyidikan Kasus Brigadir J

Zulpan menjelaskan alasan penahanan Roy Suryo merupakan subjektivitas penyidik, salah satunya karena Roy Suryo dikhawatirkan akan melarikan diri.

"Hal ini (penahanan) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 KUHAP," ujar Zulpan.

Sejumlah barang bukti diamankan polisi, di antaranya akun Twitter @KRMTRoySuryo2 dan ponsel. Roy Suryo dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 156A KUHP dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (nda)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA