• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Sebar Foto Palsu Bupati, Ketua Dekopinda Tulungagung Dipolisikan

Hery Widodo saat menunjukan bukti foto yang sudah tayang di Radar Tulungagung. (Foto: Firmanto/Kilat.com)
Hery Widodo saat menunjukan bukti foto yang sudah tayang di Radar Tulungagung. (Foto: Firmanto/Kilat.com)

TULUNGAGUNG, kilat.com- Beberapa waktu lalu, website Radar Tulungagung mengunggah foto Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang sedang menerima penghargaan dari Ketua Dekopinda Pusat.

Unggahan tersebut langsung mendapatkan reaksi negatif dari sejumlah netizen dan warga masyarakat, sebab dalam kenyataannya bukan Bupati Tulungagung yang menerima penghargaan tersebut, melainkan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu.

Kejadian ini rupanya berbuntut panjang dan kini telah masuk dalam ranah laporan kepada polisi. Hal ini terjadi setelah pada Jumat (05/08/2022), Hery Widodo melaporkan hal ini kepada Satreskrim Polres Tulungagung.

Hery melaporkan dua dugaan, yakni dugaan pelanggaran undang-undang ITE dan dugaan pelanggaran perbuatan curang yang diduga dilakukan oleh terlapor, Nyadin.

Hery mengatakan, sebagai masyarakat yang mengkonsumsi produk jurnalistik, ia merasa dicurangi dan dibohongi dengan beredarnya foto tersebut.

Baca Juga :
Ini Penyebab Ibu di Tulungagung Tega Buang Bayinya di Halaman Rumah Sakit

"Saya awalnya tanggal 21 itu mau ketemu pak Wabup (wakil Bupati) ternyata beliaunya ke luar kota untuk menerima penghargaan itu, tapi ternyata foto yang beredar kok tidak sama, sebagai konsumen produk jurnalistik dan penikmat berita merasa dicuriangi dan dibohongi," ujar Hery, Jumat (05/08/2022).

Hery merinci, foto itu pertama kali diunggah melalui website Radar Tulungagung pada 25 Juni 2022 yang lalu, kemudian sehari setelahnya, foto tersebut juga terbit dalam edisi cetak Radar Tulungagung.

"Saya laporkan untuk berita yang tayang tanggal 25 sebagai dugaan pelanggarn UU ITE, sedangkan untuk berita cetaknya sebagai dugaan perbuatan curang," jelasnya.

Dalam hal ini Hery hanya melaporkan Nyadin sebab pihak Radar Tulungagung telah menerbitkan kembali hak koreksi, usai unggahan foto tersebut mendapatkan respon dari berbagai pihak.

"Jadi foto itu sudah dalam keadaan seperti itu saat diterima oleh Radar Tulungagung, mereka mengakui kekeliruannya dan sudah memberikan hak koreksi atas itu," jelasnya.

Baca Juga :
Polisi Tangkap Ibu Kandung yang Tega Buang Bayi di Tulungagung

Kini Hery melaporkan Ketua Dekopinda, Nyadin kepada polisi. Sebab sejuah ini ia menduga yang melakukan editing adalah terlapor Nyadin, yang kemudian memberikannya kepada Radar Tulungagung untuk dimuat.

Sementara itu dikonfirmasi terkait hal ini, Nyadin yang berada di luar kota mengatakan belum bisa memberikan banyak komentar.

"Saya masih diluar kota, belum bisa memberikan komentar," balasnya melalui pesan singkat.

Kontribitor: Firmanto Imansyah

Editor: Anggi

Baca Juga :
Odong-odong Marak di Tulungagung, Polisi Ambil Sikap Tegas

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA