• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Hayo! LPDP Tagih Biaya Kuliah Penerima Beasiswa Nakal yang Ogah Balik ke Indonesia

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

JAKARTA, kilat.com- Media sosial sempat dihebohkan dengan pengakuan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mereka mengatakan enggan pulang ke Tanah Air karena lebih senang menikmati fasilitas gratis di luar negeri dari pemerintah RI.

Hal tersebut tentu saja melukai perasaan banyak orang yang ingin benar-benar menuntut ilmu dan berkontribusi pada Indonesia. Menanggapi fenomena tersebut, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menyebut jumlah penerima beasiswa yang belum pulang ke Indonesia mencapai 138 orang.

"Alumni yang belum kembali pasca studi berjumlah 138 orang, sekitar 0,9 persen dari total 15.930 alumni," ungkap Andin.

Dia menegaskan LPDP sudah melayangkan surat peringatan kepada 138 penerima beasiswa tersebut. Kemudian, ada sekitar 175 alumni LPDP yang akhirnya kembali ke Indonesia usai mendapat surat peringatan.

Sebagai informasi, penerima beasiswa LPDP wajib pulang ke Indonesia maksimal 90 hari setelah tanggal kelulusan. Jika dilanggar, maka LPDP akan memberikan sanksi berupa surat peringatan kepada penerima beasiswa.

Baca Juga :
OTT KPK! Rektor Kampus Negeri di Lampung Terjaring Operasi Senyap

"Alumni wajib berada di Indonesia selambat-lambatnya 90 hari kalender setelah tanggal kelulusan penerima beasiswa berdasarkan dokumen kelulusan resmi dari perguruan tinggi tujuan," tutur Andin.

Selanjutnya, bila penerima beasiswa tak kunjung pulang ke Tanah Air dalam waktu 30 hari setelah surat peringatan diberikan, maka mereka wajib mengembalikan seluruh dana yang diperoleh selama masa kuliah di perguruan tinggi.

"Jika belum kembali dalam waktu 30 hari kalender setelah peringatan, pelanggar akan langsung dijatuhi sanksi berat dengan pencabutan status sebagai awardee (penerima beasiswa) LPDP dan wajib mengembalikan seluruh dana yang telah diperoleh," tutur Andin.

Andin menjelaskan pemerintah mengizinkan penerima beasiswa untuk tinggal lebih lama di luar negeri asalkan bekerja di lembaga internasional, seperti Bank Dunia. Akan tetapi, jika masa kerja di lembaga internasional sudah habis, maka penerima beasiswa LPDP tetap wajib pulang ke Indonesia.

Dilihat dari akun Twitter @VeritasArdentur yang memposting percakapan soal modus penerima LPDP tak pulang ke Indonesia, kebanyak dari mereka ingin menikmati fasilitas dari pemerintah secara cuma-cuma seperti menyekolahkan anak, hingga menghindari pajak. (van)

Baca Juga :
BI Klaim Utang RI Turun Jadi US$403 Miliar, Ini Rinciannya

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA