• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Apa Manfaat Diet Vegan untuk Kesehatan? Berikut Faktanya

Ilustrasi Makan Buah (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Makan Buah (Foto: Pixabay)

JAKARTA, kilat.com- Semua orang ingin memiliki berat badan yang ideal, maka tidak heran jika banyak yang melakukan berbagai macam diet untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat ' diet vegan'. Diet yang hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan atau sering disebut vegentarian.

Seseorang yang mengikuti diet ini biasanya menghindari semua produk hewani, termasuk daging, susu, dan telur. Beberapa orang juga menghindari makan madu.

Bukan hanya makanan saja, orang yang memilih untuk menjalani gaya hidup vegan bahkan dapat menghindari pakaian, sabun, dan produk lain yang menggunakan atau mengandung bagian tubuh hewan, seperti kulit dan bulu hewan.

Pola makan vegentarian lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian saja setiap hari.

Lantas, manfaat apa saja yang bisa diperolah dari diet vegetarian? yuk, simak penjelasannya :

1. Menurunkan Risiko Kanker

Ada salah satu penelitian erjudul Vegetarian, diet vegan, dan berbagai hasil kesehatan: Tinjauan sistematis dengan meta-analisis studi observasional mengungkapkan bahwa makan pola makan vegan dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker hingga 15%. Manfaat kesehatan ini mungkin disebabkan oleh kandungan serat, vitamin, dan fitokimia yang tinggi dalam makanan-makanan vegan.

Baca Juga :
Benarkah Mitos Miinum Pill KB Bikin Gemuk? Ini Faktanya

2. Berat Menurunkan Badan

Selain itu, orang yang menjalankan diet vegan lebih cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengikuti diet lainnya. Karena makanan nabati umumnya rendah kalori, sehingga membantu seseorang agar lebih mudah mengatur berat badan.

3. Menyehatkan Jantung

Mengurangi asupan makanan hewani ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian pada orang dewasa, lho. Oleh karena itu, seseorang yang menjalankan pola makan vegan sering kali mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada orang yang menjalankan pola makan biasa. Asupan kalori yang tergolong moderat ini dapat menurunkan indeks massa tubuh dan mengurangi risiko obesitas, yakni faktor risiko utama penyakit jantung.(ulf)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda