• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Gampang Sakit? Hati-Hati itu Tanda-Tanda Imun Lemah

Autoimun. (ist)
Autoimun. (ist)

JAKARTA, kilat.com- Sistem imun merupakan tameng terdepan dalam melawan virus, bakteri, radikal bebas dan senyawa berbahaya lainnya. Memiliki sistem imun yang kuat dapat melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit.

Sistem imun tubuh terbentuk dari sel darah putih, antibodi dan beberapa kompenen lainnya. Sistem ini yang melindungi tubuh dari berbagai ancaman infeksi. Namun, tak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Ada berbagai tanda imun lemah yang menandakan rentan terhadap infeksi, seperti :

1. Cepat Lelah

Tanda imun lemah yang pertama adalah saat sering merasa kelelahan. Mengutip Bustle, kondisi ini biasanya diiringi oleh nyeri sendi, sakit perut, dan penurunan nafsu makan.

2. Tangan Dingin

Tanda lainnya yakni jari tangan dan kaki, telinga, serta hidung akan lebih sulit untuk tetap hangat pada suhu tubuh normal. bahkan, bagian tubuh tersebut bisa berubah menjadi putih, lalu biru karena aliran darah yang tidak normal. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan merokok, penggunaan obat resep, dan penyakit yang memengaruhi arteri.

3. Sering Kesemutan

Setiap orang pasti akan mengalami kesemutan atau mati rasa pada tangan atau kaki setelah duduk terlalu lama yang membuat saraf tertekan dan aliran darah tidak lancar yang mengakibatkan kesembutan.

Baca Juga :
Benarkah Mitos Miinum Pill KB Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Namun, jika terlalu sering mengalaminya dan semakin tidak nyaman periksalah ke dokter. Sebab, ada peluang kondisi tersebut merupakan indikasi gangguan sistem imun.

4. Sulit Menelan

Sulit biasanya terjadi karena kerongkongan membengkak atau tidak bekerja dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah masalah pada sistem imun. Beberapa juga ditandai dengan adanya sensasi seperti makanan tersangkut di tenggorokan atau muntah.

5. Sering Infeksi

Jika mengalami dua kali infeksi per tahun, maka bisa jadi sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Penyakit infeksi bisa berbagai macam, salah satunya adalah infeksi sinus. Tak cuma itu, infeksi jamur pada kulit dan sariawan di mulut yang menetap juga jadi gejala daya tahan tubuh lemah. (ulf)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda