• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Usai Dilantik sebagai Perdana Menteri, Negara-negara Pasifik Ucapkan Selamat ke Albanese

Perdana Menteri Australia yang baru, Anthony Albanese dari Partai Buruh. Foto: Twitter @AlboMP (Anthony Albanese-official)
Perdana Menteri Australia yang baru, Anthony Albanese dari Partai Buruh. Foto: Twitter @AlboMP (Anthony Albanese-official)

SOLOMON, kilat.com- Sejumlah pemimpin negara Pasifik menyampaikan ucapan selamat kepada ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese atas usai dilantik sebagai perdana menteri Australia.

Kepulauan Solomon memberi selamat pada Albanese dan mengatakan "banyak hal mesti dilakukan" dalam hubungan bilateral mereka dengan Australia.

Negara tetangganya di Pasifik, Fiji, juga mengucapkan selamat dan menyambut baik kebijakan iklim Partai Buruh.

Albanese mengatakan dia akan dilantik sebagai perdana menteri Australia ke-31 pada Senin bersama empat anggota partai senior, meskipun peroleh suara terus dihitung.

Dia kemudian akan menghadiri pertemuan puncak Quad di Tokyo pada Selasa bersama Presiden AS Joe Biden dan perdana menteri Jepang dan India.

Baca Juga :
PM Australia Anthony Albanese Dipastikan Hadir dalam Pertemuan NATO, Ini yang Dibahas!

Penandatanganan pakta pertahanan oleh Kepulauan Solomon dan China menjadi isu besar dalam pemilihan bagi PM Scott Morrison. Para sekutu Barat khawatir perjanjian itu dapat memberi akses bagi militer China ke kawasan Pasifik.

Melansir dari Antara pada Selasa (23/5/2022), Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan mengunjungi Kepulauan Solomon pekan ini, menurut laporan media.

Dalam pernyataan pada Minggu, Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan negaranya "tetap menjadi sahabat sejati dan mitra pilihan Australia dalam pembangunan".

Kepulauan Solomon berterima kasih atas dukungan keuangan, kesehatan dan keamanan dari Australia selama bertahun-tahun, kata dia.

"Namun, masih banyak yang mesti dilakukan," katanya menambahkan.

Baca Juga :
Geger! 148 Anggota Parlemen Partai Konservatif Lakukan Mosi Tidak Percaya ke PM Inggris Boris Johnson

Sogavare telah berkirim pesan kepada Albanese dan "meyakinkan dirinya untuk membawa hubungan Kepulauan Solomon dengan Australia ke tingkat yang lebih tinggi selama masa jabatan Albanese'.

PM Fiji Frank Bainimarama mengucapkan selamat kepada Albanese lewat sebuah cuitan.

"Dari sekian banyak janji-janji Anda untuk mendukung Pasifik, tak satu pun yang lebih disambut baik daripada rencana Anda untuk memprioritaskan iklim," katanya di Twitter.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern mengaku telah menelepon Albanese pada Minggu.

Dia mengatakan kedua negara akan terus bekerja bersama "memperdalam kemitraan dengan sahabat-sahabat dekat kami di Pasifik, dan memajukan kepentingan kami di pentas dunia."

Baca Juga :
Gowes Sepeda Bambu Bareng Presiden Jokowi, PM Australia Anthony Albanese Kegirangan

"Australia dan Aotearoa Selandia Baru adalah yang terbaik saat bekerja bersama," kata dia.

Aotearoa adalah sebutan bagi Selandia Baru dalam bahasa Maori. (cen)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA