• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
  • Masuk

Minta Maaf ke Ulama, Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Revisi Lirik

Foto: dok. Channel YouTube Tama Halu 008
Foto: dok. Channel YouTube Tama Halu 008

JAKARTA, kilat.com- Tengah heboh dibicarakan netizen terkait lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet. Lagu ini dianggap bermasalah karena memiliki lirik yang dipandang menghina ulama. Pencipta lagunya kini telah minta maaf.

Pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet bernama Pratama. Lagu yang tersebar luas di jagat dunia maya itu mencuri perhatian sebab lirik lagunya. Kemunculan Pratama telah dinantikan sejumlah pihak terlebih para ulama di Lamongan.

Pratama meminta maaf melalui sebuah video YouTube. Dia mengajukan permohonan maafnya kepada masyarakat Lamongan dan semua orang yang merasa tersinggung dengan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang dia tulis.

"Di kesempatan kali ini izinkan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya Kepada masyarakat Lamongan dan pihak-pihak yang tersinggung atau kurang berkenan karena saya telah membuat lirik menggunakan nama Joko Tingkir. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," jelas Pratama.

Pratama mengaku dirinya tak banyak tahu mengenai sosok dan nama Joko Tingkir. Oleh sebab itu dia pun menggunakan nama tersebut dalam lirik lagu yang memiliki makna nyeleneh. Hal tersebut turut dia sebutkan dalam permohonan maafnya.

Baca Juga :
Berikan Assist Penentu Kemenangan Timnas, Lemparan Pratama Arhan Jadi Perhatian Tokyo Verdy

Ditegaskan Pratama, dia tak pernah berniat melecehkan atau menghina ulama. Dia memakai nama Joko Tingkir tanpa tahu asal usul sosok tersebut.

"Saya mohon maaf sebesar-besarnya karena kekurangan, ketidaktahuan saya, ketidakpahaman saya di balik nama Joko Tingkir ini adalah sosok seorang ulama besar dan dihormati di Jawa. Saya mohon maaf. Tidak ada niatan saya melecehkan nama beliau. Saya akui karena saya tidak tahu dan kurang paham di balik sosok nama besar beliau. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," tambah dia.

Pratama akhirnya memutuskan untuk mengganti lirik lagunya dan tak lagi memakai nama Joko Tingkir. Dia berharap agar permohonan maafnya dapat diterima masyarakat.

Joko Tingkir Ngombe Dawet viral dan populer usai dibawakan Farel Prayoga. Bahkan Presiden Joko Widodo sempat meminta Farel menyanyikan lagu tersebut di perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet dipermasalahkan sebab terdapat nama Joko Tingkir dalam lagu. Joko Tingkir adalah sosok ulama besar dan menjadi guru para ulama Nusantara.

Baca Juga :
Kabar Duka, Pencipta Lagu Apuse Mandosir Sarumi Meninggal Dunia

Menurut Narto Widodo, seorang seniman Lamongan, banyak yang merasa gusar karena nama Joko Tingkir terselip di lagu tersebut. Karena dalam liriknya mengindikasikan sosok Joko Tingkir direndahkan. Hal ini yang lalu mengusik banyak orang.

"Yang dipersoalkan para Kiai itu adalah penggunaan kata Joko Tingkir dalam syair atau lirik lagu tersebut," jelas pria yang biasa disapa Cak Narto.

Masyarakat diimbau tidak menyanyikan lagu itu. Cak Narto menyarankan pencipta lagu tersebut mengubah liriknya dengan menghilangkan nama Joko Tingkir.

Selain Cak Narto, KH Ahmad Muwafiq juga memprotes penggunaan lagu tersebut mirip dengan irama selawat. (ara)


Baca Juga :
Ramai Diburu Netizen, Ini Lirik dan Link Download Lagu Diam-Diam - Misellia Ikhwan

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA