• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
    • Mandarin
    • Sunda
    • Batak
    • Jawa
    • Banjar
    • Bali
    • Minang
    • Irian (Papua)
    • Dayak
    • Aceh
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
    • Mandarin
    • Sunda
    • Batak
    • Jawa
    • Banjar
    • Bali
    • Minang
    • Irian (Papua)
    • Dayak
    • Aceh
  • Masuk

Erick Thohir Sambut Baik Tren NFT

Ilustrasi NFT (Pixabay)
Ilustrasi NFT (Pixabay)

JAKARTA, kilat.com - Teknologi Non-Fungible Token atau NFT merupakan hal yang positif dalam mendorong generasi muda Indonesia menjadi kreator.

Hal itu disebutkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

"Memang yang namanya NFT ini bagian daripada yang dinamakan Metaverse ini menjadi hal yang positif. Karena itu kita mendorong generasi muda Indonesia dengan jumlah populasi yang sangat besar berpotensi untuk menjadi kreator," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, saat ini Metaverse berkembang dan menjadi tren, dengan membangun sebuah dunia baru tetapi sistem keuangannya terdesentralisasi.

Contohnya, kata dia, ketika dulu seorang pelukis menghasilkan karyanya lalu ditransaksikan dari pembeli A ke pembeli B, maka pelukisnya tidak mendapatkan apapun dari transaksi tersebut.

Baca Juga :
Banjir Rob di Semarang Rendam 1.000 Rumah, Aktivitas 3.000 Warga Lumpuh

Namun karena sekarang ini ada otentifikasi maka lukisan itu ketika diperdagangkan dan ada teknologi yang namanya cryptocurrency serta sistem blockchain, maka untuk setiap transaksi yang terjadi pelukisnya mendapatkan komisi 10 persen.

"Maka dari itu kita mendorong generasi muda jangan menjadi generasi yang konsumtif, namun menjadi generasi yang produktif," kata Erick Thohir.

Lebih lanjut Menteri BUMN menjelaskan bahwa dalam gim saat ini ada yang namanya game finance. Dulu ketika main gim maka harus mengeluarkan uang, namun sekarang bermain gim malah mendapatkan uang.

Hal itu menjadi kesempatan bagi generasi muda agar jangan hanya memainkan gim namun masuk ke dalam ekosistem dari gim tersebut. 

Bukan tidak mungkin entrepreneur muda bisa jualan baju kepada para pemain yang main gim di situ. Contoh saja kenapa nanti Intellectual property - Intellectual property (IP) lokal harus didaftarkan.

Baca Juga :
Tips Kencan ala Putra Mahkota Salim Group: Pakai Parfum Chiki Balls Keju

Itulah, kata dia, kenapa yang namanya konten kreator ke depan menjadi sangat penting. 

"Dan kalau melihat juga banyak riset menyatakan generasi muda Indonesia saat ini ingin menjadi YouTuber atau online gamers. Itu tidak masalah karena berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja," katanya.

Ini juga, kata dia, bagian dari penciptaan lapangan kerja, karena sampai dengan 2034 Indonesia membutuhkan 17,5 juta tenaga kerja yang melek teknologi. Kalau generasi muda Indonesia tidak melek teknologi maka kesempatan kerjanya bakal diambil lagi oleh bangsa lain.

"Hal-hal ini yang perlu diantisipasi, makanya kita selalu menekankan bagaimana fundamental ekonomi Indonesia harus betul-betul dijaga," kata Erick Thohir.

Sebagaimana diketahui bersama, pengertian NFT sendiri adalah barang digital yang tak tergantikan. Ini bisa berupa gambar, karya seni, koleksi, cuplikan video, album musik, gim, dan banyak lainnya.

Baca Juga :
Ini Jumlah Tingkat Kematian PMK yang Tersebar di Belasan Provinsi

NFT dicetak di blockchain, mirip dengan cryptocurrency. Oleh karena itu mereka unik dan langka dan sulit untuk dipalsukan.

Investor digital memanfaatkan aset digital NFT demi menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan jangka waktu singkat. 

Sebuah NFT tunggal dapat dibeli dan dijual beberapa kali. Tetapi, pembeli harus membayar biaya royalti kepada pemilik atau pencipta asli dengan setiap penjualan. Biaya royalti biasanya sekitar 10 persen.

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA