• Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
    • Mandarin
    • Sunda
    • Batak
    • Jawa
    • Banjar
    • Bali
    • Minang
    • Irian (Papua)
    • Dayak
    • Aceh
  • kilat_multilingual Pilih Bahasa
    • Indonesia
    • English
    • Arabic
    • Mandarin
    • Sunda
    • Batak
    • Jawa
    • Banjar
    • Bali
    • Minang
    • Irian (Papua)
    • Dayak
    • Aceh
  • Masuk

Lima Perbaikan Keamanan Smartphone demi Menjaga Keamanan Data dari Penjahat Siber

Perusahaan keamanan siber ESET mengidentifikasi perusahaan di Indonesua juga menjadi korban serangan ransomeware besar-besaran akhir pekan kemarin. Foto: ABC News/Nic MacBean
Perusahaan keamanan siber ESET mengidentifikasi perusahaan di Indonesua juga menjadi korban serangan ransomeware besar-besaran akhir pekan kemarin. Foto: ABC News/Nic MacBean

JAKARTA, kilat.com - Pengguna smartphone hampir setiap waktu menggunakan gawainya untuk mengunjungi website atau lainnya. Jika merasa dikuntit, itu memang benar. Karena banyak penambang data mengikuti kegiatan Anda setiap waktu.

Tahukah kalian ada ID pengiklan seluler rahasia di smartphone yang kita gunakan? Software ini mengetahui di mana Anda tinggal dan apa yang dibelanjakan secara online. Ya, semua aktivitas seluler dapat dengan mudah dilacak langsung ke pengguna dan mengungkapkan hal-hal seperti alamat rumah dan alamat IP Anda.

Laman USA Today menyebutkan, itu hanya salah satu dari banyak pelacak yang mengumpulkan info tentang Anda. Data ini kemudian dikemas dan dijual kepada penawar tertinggi.

Jika ingin serius tentang keamanan, Anda harus melampaui langkah-langkah di bawah ini:

1. Aktifkan mode terbatas USB
Pernah mengisi daya perangkat Apple di tempat umum, di pesawat, atau di tempat kerja? Anda perlu mengaktifkan mode terbatas USB. Ini membantu untuk mencegah hacker dari "juice jacking" perangkat dengan menginstal malware atau mencuri informasi melalui port pengisian USB.

Baca Juga :
Google Pixel 6 Punya Tiga Senjata Kalahkan Kemampuan iPhone 13

Cara melakukannya: Untuk mengaktifkan Mode Terbatas USB, pilih Pengaturan > ID Wajah & Kode Sandi > ketik kode sandi Anda. Gulir ke bawah ke bagian yang disebut "Izinkan Akses Saat Terkunci", dan pastikan opsi yang disebut "Aksesori USB" dimatikan.

Stasiun pengisian daya umum di tempat-tempat seperti bandara dan kedai kopi berguna, tapi juga membahayakan data Anda. Jika Anda akan keluar cukup lama hingga perangkat Anda kehabisan daya, pertimbangkan untuk membeli power-bank.

Jika Anda harus menggunakan stasiun pengisian umum, pikirkan tentang mengambil pemblokir data USB yang menghentikan malware memasuki perangkat. Atau membawa pengisi daya baterai eksternal Anda sendiri.

2. Hapus data secara otomatis
Pengguna iPhone juga harus mengaktifkan Hapus Data. Dengan opsi ini aktif, semua data dihapus setelah 10 upaya kode sandi yang gagal, yang membuatnya tidak mungkin seseorang dapat memaksa masuk ke ponsel Anda.

Cara melakukannya: Pilih Pengaturan > ID Wajah & Kode Sandi > ketikkan kode sandi Anda. Di bagian bawah menu, Anda akan melihat "Hapus Data". Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan pengaturan ini.

Baca Juga :
Microsoft Keluarkan Peringatan Mengerikan Bagi Pengguna Gmail dan Outlook

Peringatan: Jika Anda mengaktifkan fitur "Hapus Data" dan memiliki anak, penting bagi Anda untuk mencadangkan perangkat secara teratur. Jika tidak, Anda bisa kehilangan segalanya jika si kecil mendapatkan ponsel Anda dan mencoba membukanya lalu gagal membuka lebih dari 10 kali.

Untuk memastikan cadangan iCloud Anda aktif, buka Pengaturan > (nama Anda) > iCloud > Cadangan iCloud. Nyalakan Cadangan iCloud. Untuk melakukan pencadangan manual, ketuk Cadangkan Sekarang.

3. Berhenti mengintip
Kode sandi atau kata sandi yang melindungi ponsel Anda sangat penting. Namun tahukah Anda bahwa kita dapat melakukan hal yang sama untuk masing-masing aplikasi? Ini jelas dengan Android dan sedikit untuk iPhone.

Cara melakukannya: Untuk Android, aplikasi pihak ketiga seperti Smart AppLock memungkinkan Anda menggunakan sidik jari atau memilih antara kunci pola atau PIN untuk membatasi akses.

Smart AppLock juga mengirimkan peringatan pembobolan saat seseorang mencoba membuka aplikasi dengan kode yang tidak valid. Berguna! Ketuk atau klik di sini untuk tautan unduhan langsung dan opsi lainnya.

Baca Juga :
Patut Dicontoh, Jelang Musim Belanja Apple Bagi-bagi Bonus Karyawan Rp14,2 Juta

Jika Anda memiliki iPhone, taruhan terbaik adalah fitur yang kurang dikenal yang disebut Akses Terpandu. Dibutuhkan beberapa langkah untuk memulai dan menjalankannya.

Setelah Anda melakukannya, layar mulai Akses Terpandu akan muncul, memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau mengunci bagian tertentu dari layar Anda atau seluruh layar. Mengunci seluruh layar akan menjadi cara paling sederhana untuk mengunci aplikasi. Ketuk atau klik untuk langkah lengkap dan trik lain untuk membatasi akses aplikasi, batas waktu layar.

4. Hapus aplikasi usil
Saat ini, hampir semua aplikasi melacak setidaknya beberapa hal tentang Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kerahasiaan data Anda adalah menghindari membagikannya.

Ya, aplikasi mengumpulkan info langsung dari perangkat Anda, tetapi kita dapat menguranginya dengan mengosongkan kolom di profil sebanyak mungkin atau bahkan menyertakan info palsu.

Berikan ponsel cerdas Anda pemeriksaan privasi untuk memastikan aplikasi tidak mengumpulkan data yang tidak mereka perlukan.

Baca Juga :
Meluncur di Indonesia, Seperti Ini Kemampuan LG QNED Mini LED TV Memanjakan Pemiliknya

Bagaimana cara melakukannya:
Di iPhone:
- Buka Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan ketuk ikon Privasi.
- Pilih izin, seperti Kalender, Layanan Lokasi, atau Kamera.
- Pilih aplikasi mana yang harus memiliki akses ke izin itu dan hapus izin untuk aplikasi yang tidak ingin Anda akses.

Di ponsel Android:
- Buka Pengaturan, lalu ketuk Aplikasi & pemberitahuan, diikuti oleh izin Aplikasi Lanjutan.
- Pilih izin dan pilih aplikasi mana yang harus memiliki akses ke izin itu.
- Hapus izin untuk aplikasi apa pun yang tidak ingin Anda awasi.

5. Tingkatkan kekuatan kata sandi
Anda tahu bahwa kita membutuhkan kata sandi yang kuat, tetapi daya tarik kata sandi yang mudah diingat yang telah Anda gunakan berkali-kali sangat kuat. Jangan hanya berharap yang terbaik. Temukan kata sandi buruk Anda dan singkirkan untuk selamanya.

Audit ulang kata sandi rantai kunci (untuk iOS):
Safari menyimpan kata sandi Anda di Keychain, yang dapat Anda akses dari perangkat Apple atau iCloud. Kata sandi Anda diperiksa berdasarkan daftar kata sandi yang dilanggar. Fitur ini diaktifkan secara default dengan iOS 14.

Buka Pengaturan> Kata Sandi dan lihat di bawah "Rekomendasi Keamanan" untuk melihat apakah ada kata sandi Anda yang telah disusupi. Jika demikian, Anda akan mendapatkan permintaan untuk memperbarui kata sandi Anda dengan kata sandi yang lebih kuat.

Baca Juga :
Bocoran Produk Beredar di Internet, Tim Cook Marah-marah ke Karyawan

Pemeriksaan Kata Sandi Google untuk Android:
Fitur Pemeriksaan Kata Sandi Chrome ada di dalam Pengelola Kata Sandi. Di sini Anda dapat melihat apakah kata sandi telah disusupi -dan mana yang lemah dan perlu diubah. Buka passwords.google.com dan pilih Password Checkup > Check Passwords.

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA