image

Meski Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Elpiji Aman

Meski Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Elpiji Aman

Penampakan kebakaran tangki minyak Pertamina di Cilacap. Foto: Antara

CILACAP, kilat.com - Kilang Cilacap milik pertamina mengalami kebakaran di salah satu tangki penyimpanan. Meski begitu, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak dan elpiji di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta tetap dalam kondisi aman.
 
Unit Manager Communication, Relations & Corporate Social Responsibility Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan bahan bakar minyak dan elpiji.
 
“Kami memiliki tujuh Fuel Terminal dan tiga LPG Terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta," kata Galih seperti dilansir Antara dan dikutip kilat.com, Jumat malam (11/6/2021).

Baca Juga :
Modal Rp812 Miliar, PLN Selesaikan Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150 KV

 
Kebakaran sendiri melanda area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat malam.
 
Peristiwa kebakaran itu terjadi pada salah satu tangki yang berisi benzene di Kilang Cilacap. Kilang Cilacap merupakan satu dari enam Kilang Pertamina dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.
 

Baca Juga :
Pupuk Indonesia Ingin Bangun Pabrik Pupuk di Papua Barat

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta bahan bakar minyak hasil pengolahan minyak mentah.
 
Kilang Cilacap juga bernilai strategis karena memasok 44 persen kebutuhan bahan bakar minyak nasional dan 75 persen di pulau Jawa.
 
Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di Tanah Air yang memproduksi aspal dan base oil. (Syu/Syu)

Baca Juga :
Waduh! Distribusi Pupuk Terkendala Pendangkalan Sungai Musi

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA