image

Jokowi Sebutkan Jasa-jasa Megawati untuk Indonesia

Jokowi Sebutkan Jasa-jasa Megawati untuk Indonesia

Megawati Soekarnoputri saat menerima Gelar Profesor Kehormatan Unhan RI. Foto: Niko/kilat.com

SENTUL, kilat.com - Megawati Soekarnoputri punya jasa yang sangat besar untuk Indonesia. Terlebih Megawati memiliki karakter dan kemampuan yang sudah teruji.
 
Presiden Joko Widodo dalam sambutan pemberian gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) kepada Megawati memaparkan bila sebagai seorang politisi Megawati telah memberikan contoh kepada kita semua bahwa menjadi politisi.
 
Karena itu, keputusan Unhan memberi gelar guru besar pada Megawati adalah keputusan yang sangat tepat.

Baca Juga :
Megawati Resmikan Rumah Adat dan Jalan Bung Karno di Maluku Tengah

 
Megawati, lanjut Jokowi, merupakan seorang pemimpin srategis yang telah dicatat sejarah sebagai seorang pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar. 
 
Dalam tata politik dan pemerintahan Indonesia keteguhan dan konsistensi Megawati, menurut Jokowi, sudah sangat teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik, dalam meperjuangkan demokrasi dan hak-hak rakyat, serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara. 
 

Baca Juga :
Kepergok Ingin Maling Motor, 2 Pria di Bekasi Dihajar Massa

Dan sebagai aktivis, pejuang demokrasi seperti Megawati sudah menjadi simbol keberanian untuk memperjuangkan hak-hak politik rakyat.
 
"Beliau telah membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah, gerakan politik wong cilik yang sedang memperjuangkan hak-hak politiknya, dan atas dukungan para pejuang dekomrasi yang lain perjuangan tersebut membuahkan reformasi," lugas Jokowi.
 
Jokowi kemudian melanjutkan bila sebagai seorang politisi Megawati  telah memberikan contoh bahwa menjadi politisi itu tidak harus berada di dalam pemerintahan. Menjadi politisi harus siap di dalam pemerintahan, dan harus siap berada di luar pemerintahan.

Baca Juga :
Buset! OJK Sebut Hanya 125 Fintech yang Terdaftar dan Memiliki Izin

 
"Sebagai wakil presiden ke-8 Republik Indonesia, dan Presiden ke-5 Republik Indonesia terlalu banyak kebijakan yang bisa ditunjukan untuk menggambarkan kepemmpinan strategis beliau. Mulai dari ekonomi kerakyatan, lahirnya undang-undang sistem jaminan sosial nasional, lahirnya perpu dan undang-undang anti terorisme, lahirnya undang-undang KPK, dan masih banyak lagi," papar Jokowi.
 
"Semua itu sekali lagi menunjukan kepemimpinan strategis beliau dalam membela kepentingan rakyat dan memperjuang demokrasi dan antikorupsi, dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan nasional lainnya," ujar Presiden.
 

Baca Juga :
Kemenkes Sebut Puluhan Kasus Varian Baru Covid-19 Sudah Menyebar

Karakter kepemimpinan seperti ini, ujar Jokowi, sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin. Apalagi ketika bangsa dan negara menghadapi tantangan dan hambatan yang berat termasuk ketika negara menghadapi hiperkompetisi global, dan pandemi seperti sekarang ini. 
 
"Sebagai guru besar saya berharap Ibu Megawati Soekarnoputri terus memberikan bimbingan, dan memandu generasi muda untuk tidak berhenti belajar, dan meneguhkan jalan pengabdian bagi kemajuan tanah air yang kita cintai bersama," pungkas Jokowi. (Syu/Yus)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda

Kepergok Ingin Maling Motor, 2 Pria di Bekasi Dihajar Massa

kilatNews | 21 Jun, 2021 00:00 WIB

Kemenkes Sebut Puluhan Kasus Varian Baru Covid-19 Sudah Menyebar

kilatNews | 13 Jun, 2021 18:00 WIB