image

Megawati Diangkat Jadi Guru Besar Unhan, Ini Aturannya

Megawati Diangkat Jadi Guru Besar Unhan, Ini Aturannya

Megawati Soekarnoputri. Foto: pdiperjuangan.id/

JAKARTA, kilat.com- Megawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Guru Besar Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Universitas Pertahanan di Kampus Bela Negara, Sentul, Jumat (11/6/2021). 
 
Guru Besar Universitas Pertahanan, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio mengatakan ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 88 Tahun 2013 tentang Pengangkatan Dosen Tidak Tetap dalam Jabatan Akademik pada Perguruan Tinggi Negeri. 
 
Peraturan itu menyatakan Menteri Pendidikan dapat menetapkan dosen tidak tetap pada perguruan tinggi negeri yang memiliki kompetensi luar biasa sebagai profesor berdasarkan usulan dari perguruan tinggi dan rekomendasi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Baca Juga :
Jokowi Pilih PPKM Mikro Ketimbang Lockdown, Ketua DPD RI Minta Rakyat Mendukung

 
Adapun kriteria pengusulan menjadi profesor berdasarkan peraturan menteri itu adalah memiliki karya bersifat pengetahuan tacit yang berpotensi dikembangkan menjadi pengetahuan eksplisit di perguruan tinggi dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
 
"Selain memiliki pengetahuan tacit, menurut Prof. Marsetio, Ibu Megawati juga telah memenuhi persyaratan akademis dan administratif menjadi guru besar dan dikukuhkan menjadi guru besar ilmu pertahanan di bidang kepemimpinan stategi," ucap Marsetio, seperti dalam keterangan yang diterima kilat.com, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga :
KSAL Ancam Akan Pecat Personel TNI yang Terbukti LGBT

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA