image

Mantap! Produk Domestik Bruto Indonesia Bakal Melesat Sampai Rp24.000 Triliun

Mantap! Produk Domestik Bruto Indonesia Bakal Melesat Sampai Rp24.000 Triliun

Mau Tahu Dapat Bansos atau Tidak? Ini Cara Mengeceknya!. Foto: EmAji/Pixabay

JAKARTA, kilat.com - Ekonomi Indonesia masih punya potensi sangat besar untuk melesat. Pada tahun 2030 Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari Rp15.400 triliun menjadi Rp24.000 triliun.
 
Bahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjelaskan bila potensi Indonesia termasuk yang terbesar di kawasan Asean.
 
“Indonesia akan mempunyai GDP besar lebih dari 55 persen daripada GDP digital ASEAN, jumlahnya kira-kira Rp323 triliun dan akan tumbuh menjadi Rp417 triliun pada tahun 2030,” imbuh Menteri Lutfi.

Baca Juga :
KKP: 68 Nelayan Indonesia Masih Jalani Proses Hukum di Luar Negeri

 
Mendag mengungkapkan, masih terdapat banyak potensi yang terbuka untuk ekonomi digital Dicontohkannya, meskipun ekonomi digital Indonesia berkontribusi sebanyak 4 persen terhadap PDB nasional tahun 2020, namun sektor industri makanan-minuman dengan nilai Rp3.669 triliun baru bisa terlayani oleh e-commerce dengan nilai Rp18 triliun. 
 
Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital tersebut, imbuhnya, terdapat terdapat sejumlah hal yang harus ditingkatkan, di antara infrastruktur telekomunikasi serta perlindungan konsumen digital. 
 

Baca Juga :
Modal Rp812 Miliar, PLN Selesaikan Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150 KV

“Tenaga kerja/SDM kerja yang berketerampilan khusus di bidang teknologi juga merupakan salah satu pilar dasar yang penting, ekosistem inovasi juga penting untuk menghidupkan digital ekonomi tersebut, juga pelayanan publik, ekonomi digital, dan tata kelola dan strategi digital yang baik,” papar Menteri Lutfi. (Syu/Syu)

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA