image

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi

JAKARTA, kilat.com- Menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan. Bagian tubuh satu ini yang sangat membantu aktivitas kita sehari-hari. Akan tetapi, masih banyak orang yang tak sadar bahwa menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Karena hal ini mempengaruhi penglihatan kita.
 
Ketika mata sudah mengalami gangguan, cara mengatasinya cukup sulit. Beberapa jenis kerusakan pada mata juga berdampak negatif. Tak hanya dengan mengjkoonsumsi makanan sehat saja, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata. Berikut pembahasannya.
 
1. Konsumsi makanan sehat

Baca Juga :
Mencegah Kematian Anak Akibat Pneumonia, Vaksin PCV Masuk Program Imunisasi Rutin

Asupan makanan sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein sangatlah baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sayuran dengnan nutrisi yang tinggi juga baik seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, dan jeruk.
 
2. Istirahat dari komputer atau handphone
Menatap layar komputer atau handphone juga meningkatkan risiko kerusakan mata. Hal ini dikarenakan mata kering dan tegang, pandangan kabur, nyeri leher, sakit kepala, dan sulit fokus menatap kejauhan. Pastikan mengambil awktu istirahat setiap 20 menit setelah menatap layar untuk mengurangi ketegangan pada mata.
 

Baca Juga :
Jangan Panik! Ini Tips Isolasi Mandiri di Rumah saat Kena COVID-19

3. Rutin periksa mata
Rutin melakukan pemeriksaan mata juga dapat mencegah kerusakan. Mengetahui kondisi kesehatan mata sejak dini disarankan secara rutin sekurang-kurangnya dua tahun sekali agar mendeteksi gangguan atau masalah yang ada.
 
Tips tambahan yang dapat dilakukan adalah dengan tidak mengabaikan masalah-masalah kecil yang terjadi. Seperti mata terasa gatal, atau berubah menjadi merah. Kalian bisa mengatasinya dengan obat tetes mata atau kompres dan bilas dengan air dingin. (mer/faj).

Baca Juga :
Cegah Penyebaran COVID-19, Terapkan Disiplin 6M

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda