image

Kamu Pencinta Film? Yuk Datang ke Tempat Ini!

Kamu Pencinta Film? Yuk Datang ke Tempat Ini!

Goethe-Institut Jakarta

JAKARTA, kilat,com- Bicara tentang film tak hanya sebagai tontonan atau hiburan saja. Hal-hal yang berkaitan dengan film seperti ruang produksi, literasi, disukusi, arsip dan perawatan pun butuh perhatian dalam kegiatan produksi sebuah film.
 
Bagi kamu para pencinta film, wajib mengunjungi tempat pengarsipan film yang ada di Jakarta ini. Yuk disimak!
 
1. Arsip Nasional Republik Indonesia

Baca Juga :
Hong Kong Larang Penerbangan dari Indonesia karena Berisiko Tinggi

Jika mendengar kata arsip, maka kita akan membayangkan tumpukan kertas seperti piagam ataupun dokumen-dokumen lainnya. Indonesia punya loh banyak arsip film dan didokumentasikan dengan baik di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
 
ANRI menyimpan sekitar 59.000-an arsip film dari institusi pemerintah. Arsip ini ditata sesuai dengan standar pengarsipan film. Sama seperti buku, arsip film ini disimpan dengan baik agar bisa dicari saatt dibutuhkan.
 
Masyarakat umum dapat mengakses arsip ini lewat proses digitalisasi format VCD atau DVD. Untuk kepentingan penelitian dengan duplikasi film, pengunjung akan dikenakan biaya hak cipta.

Baca Juga :
Kemenhub Gandeng Pemda dan Pengembang Wisata Promosikan KSPN

 
Jika kamu ingin mencari inspirasi atau literasi mengenai film Indonesia, ANRI menjadi rujukan yang tepat.
 
2. Goethe-Institut Jakarta
Goethe-Institut Jakarta merupakan perpustakaan yang tak hanya menyajikan seminar dan workshop tetapi juga menyediakan buku dan film dalam bahasa Jerman dan terjemahannya. Publik dapat mengakses semuanya di tempat tanpa dipungut biaya.

Baca Juga :
Objek Wisata di Kulonprogo Tetap Buka

 
Goethe-Institut ini menyimpan arsip sekitar 200 film dan bahkan sering mengadakan acara terkait dengan pemutaran film internasional. Walaupun banyak film Jerman, akan tetapi tempat ini juga memberikan ruang bagi para film maker Indonesia.
 
3. Kineforum
Kamu penggemar film lawas dan jadul? Kineforum memberi ruang publik untuk menikmati film-film jadul, bahkan yang masih hitam putih pun tersedia disini. Tak jarang para pencinta film sering datang dan menikmati film-film yang ada bahkan mereka juga berkolaborasi melahirkan acara lainnya yang berkaitan dengan film.

Baca Juga :
Fashion ala Game, UniPin dan Esmod Berkolaborasi

 
Jika ingin mengunjungi Kineforum, kalian harus memantau laman kineforum.org dan akun-akun media sosial milik Kineforum untuk melihat informasinya. Di Kineforum sendiri, penonton tidak boleh membawa makanan atau minuman saat berada di ruang pemutaran.
 
4. Perpustakaan Nasional RI
Berbagai macam koleksi arsip perpustakaan nasional RI sangat mengagumkan. Tak hanya buku, perpusnas juga memiliki banyak koleksi berbentuk film. Perpusna memiliki koleksi sekitar 3 juta data dalam format teks, CD/DVD, dan juga mikrofilm.

Baca Juga :
Mau ke Bali? Cek Syarat Kunjungan yang Diperketat

 
Jika ingin mengakses film disini, diperlukan untuk mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring dan gratis. Setiap koleksinya disimpan di lantai yang berbeda.
 
5. Pusat Informasi Kompas
Kompas salah satu media massa nasional terbesar juga menyimpan banyak koleksi arsip terkait film. Ada sekitar 80.000 koleksi mengenai ke-Indonesiaan tersimpan di Pusat Informasi Kompas (PIK) bahkan ratusan buku terkait film juga tersedia.

Baca Juga :
Wagub Minta Wisata Bali untuk Wisman Dibuka, Ini Aturannya

 
Pilihan seperti katalog film, biografi, sejarah, hingga buku kajian pun dapat didapatkan. Bahkan karya literasi Misbach Yusa Biran juga bisa di akses disini. Tak hanya itu saja, artikel terkait film di koran edisi lawas juga bisa kamu temui.
 
6. Sinematek Indonesia
Sinematek Indonesia merupakan lembaga nonprofit yang didirikan pada tahun 1975. Tempat ini juga menjadi lembaga arsip film pertama di Asia Tenggara dengan menyimpan film Indonesia kategori film cerita dan noncerita. Sebanyak 800 judul film dengan format negatif seluloid 35 milimeter dan 1.500 judul film dalam format positif seluloid 35 milimeter terseimpan disini.

Baca Juga :
Ternyata Double Cleansing Wajah Penting Loh!

 
Pengunjung dapat mengakses semuanya asalkan tidak untuk kepentingan komersial. Di sini kamu juga menemukan kumpulan skenario dari tahun 1920-an.
 
Nah, kamu yang ngaku sebagai pencinta film wajib berkunjung ke sini agar lebih tau mengenai cerita di balik film tersebut dan siapa tahu menjadi inspirasi untuk membuat film sendiri. (mer/faj).

Baca Juga :
Ancol Tutup Sementara Mulai 24 Juni 2021

Silakan Masuk untuk menulis komentar.

RECAPTCHA

Rekomendasi Untuk Anda

Fashion ala Game, UniPin dan Esmod Berkolaborasi

kilatLifestyle | 13 hours ago

Ternyata Double Cleansing Wajah Penting Loh!

kilatLifestyle | 23 Jun, 2021 17:00 WIB