Sabtu, 28 Januari 2023

Viral Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket, Kirim File APK Berujung Saldo Rekening Lenyap

- Selasa, 6 Desember 2022 | 08:15 WIB
Modus penipuan baru mengatasnamakan kurir paket (Instagram.com/@polrespasuruanofficial)
Modus penipuan baru mengatasnamakan kurir paket (Instagram.com/@polrespasuruanofficial)

JAKARTA, kilat.com- Saat ini tengah viral sebuah pesan WhatsApp mengatasnamakan kurir paket yang kemudian mengirimkan sebuah file dengan ekstensi APK.

Namun perlu diwaspadai, karena jika file tersebut didownload dan dibuka, maka bisa melenyapkan saldo rekening bahkan mengoperasikan HP orang lain dari jarak jauh.

Dikutip dari akun Instagram @ev**** terlihat unggahan tangkapan layar, penipu yang mengaku kurir mengirimkan chat dan sebuah lampiran file.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Ini Aturan Baru Sebulan ke Depan, WFO-Syarat Perjalanan

Dalam lampiran tersebut terlihat jenis file adalah APK. Namun nama file tertulis LIHAT Foto Paket. Sekadar informasi, file dengan ekstensi APK adalah berkas paket aplikasi android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software.

Kemudian dalam postingannya, dia menjelaskan korban yang terlanjur mengklik dan mengunduh file mendapati saldo di mobile bankingnya ludes. Padahal korban tak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun serta mengisi user ID atau password pada situs lain.

Pihak J&T Express dalam akun Instagram resminya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

Baca Juga: Dubes RI Pepet Pengusaha Hong Kong Guna Tingkatkan Investasi di Indonesia

"Sprinter J&T Express tidak pernahmeminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian 'J&T Express'," tulisnya, dikutip Selasa, 6 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Rinda Putri Tsani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X