Rabu, 7 Desember 2022

PPATK Usut Tuntas Modus WNI Tukar Uang Sekoper di Mal Khusus Singapura

- Kamis, 24 November 2022 | 17:46 WIB
Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana / Press Conference
Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana / Press Conference

JAKARTA, kilat.com- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan banyaknya warga negara Indonesia (WNI) menukarkan uang di sebuah mal Singapura.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menyatakan temuan itu didapati setelah pihaknya menelusuri banyaknya uang tunai yang masuk ke Indonesia.

"Lalu saya kirim orang ke sana, ternyata di Singapura ada satu mal yang khusus buat supermarket uang asing," kata Ivan dalam Diseminasi Kebijakan dan Regulasi: Pembawaan Uang Tunai dan Instrumen Pembayaran Lain Lintas Batas Wilayah Pabean Indonesia yang digelar secara daring, Rabu, 23 November 2022.

Baca Juga: Bareskrim Polri Periksa Kepala Lab BPOM Terkait Kasus Gagal Ginjal

Ivan menyebut banyak warga Indonesia yang datang ke tempat itu dengan koper kosong dan kembali ke Indonesia dengan koper terisi.

"Jadi orang Indonesia yang datang ke sana dia cuma bawa koper, bisa satu jari, dua jari, tuker di sini nih (mal), lalu dibawa ke Indonesia, digotong," kata Ivan

"Ada foto terkait dengan digotong dengan taksi dan segala macem, Ini (di supermarket) orang Indonesia semua" ucap menambahkan.

Baca Juga: Ini Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina, Pernikahan Digelar Mulai 8 Desember

Ivan menambahkan temuan itu pun dilaporkan ke Ditjen Bea Cukai yang berujung pada penangkapan sejumlah pihak lengkap dengan barang bukti uang dalam jumlah besar.

Halaman:

Editor: Anggi Tiar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X