Rabu, 7 Desember 2022

Makin Keren! Rio Waida Kuasai Klasmen World Surf League

- Rabu, 28 September 2022 | 23:30 WIB
Peselancar Indonesia Rio Waida selepas menjajal ombak saat tampil di Olimpiade Tokyo 20202 di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang. (ANTARA/HO-NOC Indonesia)
Peselancar Indonesia Rio Waida selepas menjajal ombak saat tampil di Olimpiade Tokyo 20202 di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang. (ANTARA/HO-NOC Indonesia)
<p> p><p><b>JAKARTA, kilat.comb>- Atlet selancar ombak Indonesia menjadi pemuncak tangga Challenger Series (CS) Liga Selancar Dunia (<a href="https://www.kilat.com/tag/World-Surf-League">World Surf Leaguea>). p><p>Menurut laman WSL, Rabu, Rio berada pada peringkat pertama dengan 21.050 poin yang berjarak cukup lebar dari peselancar Italia Leonardo Fioravanti yang menempati posisi kedua dengan 17.665 poin. p><p>Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan ke divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi p><p>"Secara hitung-hitungan mestinya masuk ya, apalagi untuk masuk WCT harus top 10 di ranking CS-nya. Tapi saya tidak berani berandai-andai memberi pernyataan sebelum ada konfirmasi resmi dari WSL," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Arya Subyakto kepada ANTARA di Jakarta, Rabu. p><p>Menduduki puncak peringkat Challenger Series, Rio yang tembus 16 besar Olimpiade Tokyo 2020, menjuarai Sydney Surf Pro 20222 nomor Open Mens di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei. p><p>Tak lama kemudian pada Juli, peselancar berusia 22 tahun itu menjuarai Balito Pro 2022 di Ballito, KwaZulu-Natal, Afrika Selatan. p><p>Berbekal dua gelar tersebut, Rio siap tampil mengesankan lagi di Ericeira, Portugal, yang menjadi pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series tahun ini, yang akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022. p><p>Peselancar andalan Indonesia itu meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, pekan lalu. p><p>Dalam unggahan media sosial miliknya, Rabu, Rio mengaku sudah berada di Ericeira yang berada tepi pantai barat Portugal dan dianggap sebagai ibu kota selancar Eropa. p><p>Untuk Challenger Series di Portugal, Rio akan berkompetisi bersama rekan senegara I Ketut Agus yang juga ikut berjuang dalam memperebutkan slot Olimpiade pekan lalu. (cen)p>

Halaman:

Editor: Cendhy Vicky

Tags

Terkini

X