Selasa, 30 Mei 2023

DPRD Resmi Ajukan Usulan Pemakzulan Walikota Siantar ke MA

- Jumat, 31 Maret 2023 | 19:00 WIB
DPRD Kota Pematang Siantar mengantarkan usulan pemakzulan Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani ke MA. (Sandy Kilat)
DPRD Kota Pematang Siantar mengantarkan usulan pemakzulan Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani ke MA. (Sandy Kilat)

KILAT.COM - DPRD Kota Pematang Siantar resmi mengajukan usulan pemakzulan Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani ke Mahkamah Agung (MA) di Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

"Hari ini telah kita ajukan uji pendapat keputusan DPRD nomor 5 ke MA," ujar Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga dalam keterangannya, Jumat, 31 Maret 2023.

Menurut Timbul, uji pendapat yang dimohonkan merupakan bentuk keseriusan dan komitmen DPRD Pematang Siantar.

Timbul berharap usulan pemakzulan itu dikabulkan MA sebagai bentuk perjuangan rakyat melawan kezaliman pemimpin yang tidak mematuhi aturan.

Baca Juga: 35 Link Twibbon Bingkai Foto Hari Raya Idul Fitri 2023, Cocok Diunggah ke Status WA, FB, IG

"Mohon doa masyarakat Pematang Siantar, semoga apa yang kita harapkan dikabulkan MA," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Susanti Dewayani dimakzulkan atau diberhentikan oleh DPRD Pematang Siantar.

Susanti Dewayani dianggap bersalah dalam melakukan rotasi, mutasi dan demosi ASN pada bulan September 2022 lalu.

27 dari 30 Anggota DPRD Pematang Siantar sepakat mengusulkan pemberhentian Susanti Dewayani dari jabatannya dalam rapat paripurna yang digelar di kantor DPRD pada Senin, 20 Maret 2023 kemarin.

Baca Juga: Diputusin APA, Mario Dandy Satriyo Nangis Bombay hingga Nginap di Rumah Keluarga sang Mantan Sampai Sebulan

Wali kota wanita pertama di Siantar itu dinilai terbukti melakukan pelanggaran dalam pengangkatan dan pemberhentian ASN dari jabatannya.

Susanti dianggap melanggar UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, UU Nomor 30 Tahun 2014, PP Nomor 11 Tahun 2017 yang telah diubah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020, Perpres Nomor 116 Tahun 2022.

Dalam rapat pemakzulan tersebut, Ketua DPRD Pematang Siantar, Timbul Marganda Lingga melakukan voting terhadap anggota DPRD yang setuju dan tidak setuju pemakzulan Susanti Dewayani, dimana 27 Anggota DPRD setuju pemakzulan.

Sementara satu anggota DPRD yang hadir dari Fraksi PAN Persatuan Indonesia, Nurlela Sikumbang tidak setuju pemakzulan.

Halaman:

Editor: Yuliyanti Anggraeni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X