Jumat, 9 Juni 2023

Polemik Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Campur Olahraga dan Politik!

- Rabu, 29 Maret 2023 | 07:15 WIB
Jokowi minta sepak bola tak dicampur politik. (YouTube/Sekretariat Presiden)
Jokowi minta sepak bola tak dicampur politik. (YouTube/Sekretariat Presiden)
KILAT.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait wacana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20.
 
Pernyataan Jokowi ini menjadi sorotan, sebab keikutsertaan Timnas Israel pada ajang Piala Dunia U-20 menjadi polemik di Indonesia.
 
Jokowi mengatakan, keikutsertaan Timnas Israel pada ajang Piala Dunia U-20 adalah urusan olahraga. Namun demikian, sejatinya Indonesia bakal terus mendukung Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya.
 
 
Jokowi sependapat dengan pernyataan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, yang berpandangan bahwa  sebaiknya urusan olahraga dan politik tidak dicampuradukkan.
 
"Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," ujarnya dikutip Kilat.com dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 29 Maret 2023.
 
Lebih lanjut Jokowi menyampaikan, Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bukan tanpa upaya.
 
 
Terpilihnya Indonesia, lanjut Jokowi, setelah melalui proses bidding dan seleksi yang sangat panjang.
 
Dirinya menyebut, semula ada tiga kandidat negara yang bakal dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20, yaitu Brazil, Indonesia, dan Peru. 
 
Agar Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20, semua pihak saat itu harus berjuang dan bekerja keras secara bersama-sama.
 
 
Berbagai upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil, sebab pada Oktober 2019, Indonesia secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. 
 
"Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20," kata Jokowi.
 
Menurutnya, sebagai turnamen prestisius berskala internasional, momentum ini bakal berdampak bagi tanah air sebab Indonesia nantinya bakal menjadi sorotan dunia.
 
 
"Piala Dunia U-20 ajang olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia," ujarnya.
 
Sebelumnya, saat pertama kali diumumkan bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA, hal tersebut menjadi kabar gembira di tanah air.
 
Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, Indonesia belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi. 
 
Namun kemudian, polemik muncul saat diumumkan bahwa Timnas Israel telah lolos seleksi mengikuti Piala Dunia U-20 pada Juli 2022 lalu.
 
Adanya penolakan sejumlah pihak di dalam negeri atas keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah diketahui oleh FIFA.
 
"Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20," ujarnya.
 
Oleh sebab itu, Jokowi menyebut dirinya telah mengutus Ketua Persatuan Sepakbola se-Indonesia (PSSI) untuk berbicara dengan pihak FIFA agar bisa mencari solusi terbaik.
 
"Untuk itu, saya telah mengutus Ketum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan Tim FIFA untuk mencari penyelesaian terbaik, mencari solusi terbaik," ujar Jokowi.(*).
 
 
 

Editor: Risvania Andaresta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X