Rabu, 22 Maret 2023

Tak Cuma Mario Dandy Satriyo, Ini Deratan Kasus Berhasil Diungkap Polisi dari Jejak Digital Sudah Dihapus

- Selasa, 14 Maret 2023 | 22:41 WIB
Mario Dandy Satriyo (PMJ News)
Mario Dandy Satriyo (PMJ News)

KILAT.COM - Kasus penganiayaan Cristalino David Ozora oleh Mario Dandy Satriyo dapat diungkap tuntas antara lain karena aparat kepolisian berhasil melacak dan menemukan kembali bukti jejak digital berupa chatt dan voice note di handphone yang telah dihapus pelaku.

Sebagaimana gencar diberitakan, Mario Dandy Satriyo melakukan penganiayaan berat terhadap David, putra seorang anggota Banser hingga koma, di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Senin 20 Februari 2023.

Penganiayaan itu belakangan diketahui melibatkan AG, kekasih Mario Dandy Satriyo yang masih dibawah umur dan teman Dandy, Shane.

Ketika digelandang ke kantor polisi, Mario Dandy Satriyo berulang kali mengirim pesan lewat handphone kepada AG untuk menghapus chatt dan voice note.

Baca Juga: Ironi! Kuasa Hukum David Sebut Mario Dandy Satriyo Bohong Soal Pelecehan dan Cuma Ingin Buktikan Dirinya Jago

Sebagaimana dituturkan kuasa hukum AG Sony Hutahaean dalam tayangan youtube stasiun televisi swasta, Selasa, 7 Maret 2023), yang kemudian dikutip sejumlah media, permintaan menghapus voice note itu dilakukan Mario Dandy saat digelandang ke kantor polisi.

Chatt dan voice note yang dibuat Dandy di handphone AG pada hari kejadian itu antara lain berisi narasi yang intinya tidak akan melakukan kekerasan pada David.

Termakan oleh jebakan Dandy, David yang sedang berada di rumah kawannya di Kompleks Grand Permata, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, akhirnya keluar menemui Dandy. Saat itulah penganiayaan brutal berlangsung sampai David koma.

Peristiwa sadis itu diabadikaan oleh Shane, kawan Dandy, Untungnya, pihak kepolisian berhasil melacak sejumlah chatt dan voice note yang sempat dihapus itu sehingga makin menguatkan bukti untuk menyeret Mario Dandy dan AG sebagai tersangka.

Baca Juga: Polisi Gunakan Metode Ini Gali Keterlibatan APA dalam Kasus Penganiayaan David oleh Mario Dandy Satriyo

Rekaman video handphone dan CCTV di TKP juga menjadi dasar polisi menyeret mereka ke meja hijau.

Dandy dan Shane disangkakan Pasal 355 KUHP ayat 1 subsider Pasal 354 ayat 1 KUHP subsider Pasal 353 ayat 2 KUHP subsider Pasal 351 ayat 2 KUHP dan atau Pasal 76 C jo 80 Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak.

Sementara AG diancam Pasal 76 C jo Pasal 80 UU Perlindungan Anak dan atau Pasal 355 ayat 1 jo Pasal 56 subsider Pasal 354 ayat 1 jo 56 subsider Pasal 353 ayat 2 jo 56 subsider Pasal 351 ayat 2 jo 56 KUHP.

Keberhasilan kepolisian kembali menemukan bukti chatt yang dihapus pelaku juga terjadi pada kasus-kasus hukum berikut ini:

1. Kasus Ferdy Sambo

Halaman:

Editor: Ahmad Fiqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X