Minggu, 26 Maret 2023

Berpura-pura Jadi Korban Begal, Pemuda 18 Tahun di Kota Medan Bikin Laporan Palsu, Begini Nasibnya Kini

- Kamis, 9 Maret 2023 | 20:40 WIB
Pemuda yang membuat laporan palsu di Polsek Delitua (Sandy/Kilat.com/Polsek Delitua)
Pemuda yang membuat laporan palsu di Polsek Delitua (Sandy/Kilat.com/Polsek Delitua)

KILAT.COM - Seorang pemuda di Kota Medan, Sumatera Utara, berinisial RAD (18) ditangkap polisi karena membuat laporan palsu di Polsek Delitua dengan berpura-pura menjadi korban begal.

Aksi itu dilakukan lantaran kesulitan ekonomi. Pelaku mengaku tak mampu membayar cicilan sepeda motornya lalu membuat skenario sepeda motornya dibegal.

Pelaku yang berprofesi sebagai driver ojek online Maxim ini membuat keterangan palsu di Polsek Delitua pada Rabu, 8 Maret 2023 sore.

Warga Jalan Bajak V, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan ini merancang skenario bahwa dirinya kena begal hingga sepeda motornya hilang.

Baca Juga: Jadwal Resmi Puasa Ramadhan 2023 Versi Muhammadiyah dan NU, Cek di Sini Agar Tidak Salah!

Tak tanggung-tanggung, ia juga membuat jaket dan kausnya terlihat berlumuran darah akibat diserang begal untuk meyakinkan polisi.

Padahal, semua itu fiktif, supaya ia tak membayar cicilan sepeda motornya yang mulai jatuh tempo. Pelaku berharap ketika sudah melapor polisi, maka dirinya tak diburu leasing untuk membayar cicilan.

Pemuda ini pun terancam ditetapkan sebagai tersangka dengan Pasal 220 KUHP karena memberi keterangan palsu.

Kanit Reskrim Polsek Delitua AKP Irwanta Sembiring menjelaskan, pelaku mengaku dibegal, digebuki sampai berdarah-darah di perkebunan sepi sekitar SMA Negeri 1 Delitua pada Selasa, 7 Maret 2023 sore.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 10 Maret 2023 Libra dan Scorpio: Waspadai Situasi yang Kurang Bersahabat Saat Bekerja

Kemudian esok harinya atau Rabu sore, pelaku membuat laporan ke Polsek Delitua dan membawa jaket serta kaus yang berlumuran darah sebagai barang bukti.

Petugas pun menginterogasi dan memeriksa jaket dan kaus berlumur darah. Lalu timbul kecurigaan lantaran di tubuh pelaku tak ada bekas luka sedikitpun.

Karena tak mampu mengelak, ia akhirnya mengaku telah berbohong dan menyusun skenario begal palsu.

"Rupanya, darah yang ada di jaket dan kaus berwarna putih ini dibuat dari lipstik untuk meyakinkan bahwa dia dibegal," ujar Irwanta dalam keterangannya, Kamis, 9 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Ahmad Fiqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X