Selasa, 7 Februari 2023

Ritonga Kritik Pernikahan Kaesang Pakai Noken Papua: Mereka Tak Paham Maknanya!

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:05 WIB
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Pakai Baju Khas Papua. (Instagram @kaesanggp)
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Pakai Baju Khas Papua. (Instagram @kaesanggp)

JAKARTA, kilat.com- Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menuai kritik pedas dari masyarakat beberapa waktu lalu.

Pasalnya Kaesang dan Erina terlihat memakai noken khas Wamena Papua, tak hanya itu seharusnya laki-laki memakai koteka bukan sali atau cawat.

Di Wamena sali hanya dipakai oleh perempuan, sedangkan Kaesang dan Erina salah memakainya.

Baca Juga: Hore! Pertemuan Tingkat Menteri ke-4 AIS Forum Sepakat KTT Digelar Tahun 2023

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengatakan, seharusnya Kaesang dan Erina memahami dan mempelajari dulu budaya Indonesia terutama budaya Papua sebelum mengenakan pakaian adat mereka.

"Kesalahan itu bisa terjadi karena perancang dan penggunanya tidak memahami betul noken khas Wamena. Akibatnya, penggunaannya tidak pas dan tidak sesuai konteksnya,” kata Jamiluddin dikutip dari RMOL, Selasa, 6 Desember 2022.

"Oleh karena itu, saat ingin mengenakan pakaian budaya lain, seharusnya dipahami juga maknanya. Dengan begitu, si pengguna dapat berempati saat mengenakan budaya Papua, khususnya khas Wamena,” imbuhnya.

Baca Juga: Viral! Eto'o Ngamuk hingga Tendang Seorang YouTuber Aljazair di Stadion 974

Oleh karena itu, Jamiluddin mengatakan wajar jika foto prewedding itu mendapat penilaian negatif dari orang yang paham Noken Papua, khususnya Wamena.

Halaman:

Editor: Risvania Andaresta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X