Rabu, 7 Desember 2022

Waduh! Dituduh Gelapkan Pajak, Pengadilan Spanyol Perintahkan Shakira Dituntut

- Rabu, 28 September 2022 | 23:20 WIB
Shakira. Dok. Instagram
Shakira. Dok. Instagram

JAKARTA, kilat.com- Pengadilan Spanyol memerintahkan penyanyi asal Kolombo, Shakira untuk dihukum atas tuduhan penipuan pajak senilai 14 juta euro.

Jaksa menuntut penyanyi cantik itu dengan hukuman 8 tahun penjara, seperti yang tertera di dokumen tuntutan yang dirilis pada Selasa, (27/9/2022).

Jaksa di Barcelona mengatakan pada Juli mereka akan berusaha agar penyanyi itu dipenjara lebih dari delapan tahun di samping membayar denda hampir sebesar 24 juta euro ($24 juta), setelah ia menolak kesepakatan pembelaan atas tuduhan penggelapan pajak yang dialamatkan kepadanya.

Mereka menuduh pelantun tembang "Hips don't Lie" itu menipu kantor pajak Spanyol 14,5 juta euro ($14,7 juta) dari pendapatan yang diraihnya antara tahun 2012 dan 2014.

Jaksa mengatakan Shakira pindah ke Spanyol pada 2011 ketika hubungannya dengan pemain belakang klub sepak bola Barcelona, Gerard Pique, diketahui publik.

Namun, penyanyi berusia 45 tahun itu secara resmi tetap tinggal di Bahama dan membayar pajak di negara tersebut hingga 2015.

Pasangan tersebut kini memiliki dua anak, dan mereka mengumumkan perpisahan mereka pada Juni lalu.

Pada 19 September, pengadilan Barcelona memerintahkan sang penyanyi diadili atas enam dugaan kejahatan pajak, menurut keputusan yang diumumkan pada Selasa.

Dalam pernyataan, pengacara Shakira mengatakan "perintah melanjutkan sidang" sudah diperkirakan dan tim hukumnya akan "melakukan tugas dengan menyampaikan argumennya pada waktu yang tepat."

Halaman:

Editor: Cendhy Vicky

Tags

Terkini

X