Selasa, 7 Februari 2023

Eksotisnya Kelabba Maja Hidden Gams di NTT

- Senin, 5 Desember 2022 | 08:50 WIB
Kelabba Maja NTT (Website Kabupaten Sabu Raijua)
Kelabba Maja NTT (Website Kabupaten Sabu Raijua)

 

NUSA TENGGARA TIMUR, kilat.com- Kelabba Maja, destinasi wisata yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini terkenal dengan deretan tebing-tebing dengan gradasi warna yang cantik.

Jika Amerika memiliki tebing Grand Canyon, atau China memiliki Zhangye Danxia yang sering disebut sebagai keajaiban negeri Tiongkok. Di Indonesia ada Kelabba Maja yang keindahannya tak kalah dengan negara lainnya. Jadi tak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati wisata dan pemandangan hamparan tebing dengan gradasi warna yang cantik pada tebingnya. Cukup pergi ke Hawu Mehara, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Kelabba Maja ini tak hanya terkenal dengan bukit dan tebing, melainkan ada tiga batu yang kerap disebut sebagai batu seimbang yang berdiri kokoh pada puncak tebing yang memiliki runcing. Batu-batu tersebut dianggap sebagai perlambangan ayah, ibu dan anak. Bahkan tempat ini cukup sakral, penduduk setempat menganggap sebagai tanah dewa, terutama oleh warga Desa Gelanalalu.

Baca Juga: Khawatirkan Keluarga, Raheem Sterling Putuskan Absen di Inggris Vs Senegal

Warga Desa Gelanalalu mempercayai bahwa bukit-bukit dengan warna cantik ini sebagai tempat berdiamnya Dewa Maja. Di bukitnya juga terdapat sebuah batu yang biasa digunakan sebagai altar pemujaan dewa. Tiap tahunnya warga setempat mengadakan ritual penyembelihan hewan yang memiliki arti sebagai permohonan perlindungan dari Dewa Maja.

Oleh sebab itu, para wisatawan yang mengunjungi tempat ini diminta untuk menjada sikap selagi berada di tempat ini dan larangan untuk berkata-kata kasar atau kotor. Selain itu, ada juga batu yang tidak boleh di dekati ataupun dinaiki oleh siapapun karena sakralnya batu tersebut. Bagi perempuan yang sedang haid dilarang mengunjungi tempat ini.

Keindahan Kelabba Maja ini mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Maka tak heran wisatawan domestik maupun mancanegara pun berbondong-bondong datang untuk menyaksikan secara langsung keindahan Kelabba Maja berupa gradasi warna seperti merah, cokelat, biru, dan putih yang terlukis sedemikian rupa di permukaan tebing-tebingnya.

 

Kelabba Maja Nusa Tenggara Timur (Antara)

Halaman:

Editor: Rinda Putri Tsani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip! Harga, Rute dan Jadwal Kereta Panoramic

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:00 WIB

Wow! 27 Ribu Orang Padati Ancol Tepat di Hari Natal 2022

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:40 WIB
X