Selasa, 7 Februari 2023

Viral! Kepulauan Widi di Maluku Utara Dilelang oleh Situs Asing

- Jumat, 25 November 2022 | 09:00 WIB
Keindahan Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara yang dikabarkan masuk dalam situs lelang. (ANTARA/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan)
Keindahan Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara yang dikabarkan masuk dalam situs lelang. (ANTARA/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan)

MALUKU, kilat.com- Cagar Alam Widi atau Kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara menjadi viral di media sosial setelah muncul di situs lelang asing Sotheby'e Concierge Auctions di New York, Amerika Serikat.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menegaskan bahwa gugusan pulau tersebut tidak dimiliki oleh pihak mana pun.

"Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat atau individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu,” ujar Jodi.

Baca Juga: Warga Cianjur Panik Diguncang 21 Kali Gempa Susulan dalam Semalam

Berdasarkan informasi, saat ini izin pengelolaan Kepulauan Widi dimiliki oleh pihak swasta dan pemerintah provinsi setempat. Pihak swasta yang dimaksud adalah PT Leadership Islands Indonesia (LII).

Hingga saat ini PT Leadership Islands Indonesia (LII) belum merealisasikan pembangunan tertentu. Alhasil, muncul kabar pelelangan di sejumlah media sosial. Terkait kabar pelelangan, Jodi pun mengancam akan adanya pengenaan sanksi berdasarkan undang-undang apabila terdapat pelanggaran batas-batas wilayah.

"Bagi pihak-pihak yang berminat untuk mengelola, bukan memiliki, kawasan pulau kecil harus mendapatkan izin dari pemerintah. Jika sampai ada pelanggaran dari ketentuan perundangan, bisa ada sanksi yang bisa dikenakan," tegas Jodi.

Baca Juga: Arab Saudi Dihantam Badai, 2 Orang Tewas dan Sekolah Ditutup

Cagar Alam Widi adalah salah satu kawasan yang punya lanskap terindah di Indonesia dan memiliki lebih dari lebih 100 pulau tak berpenghuni. Lebih dari 100 pulau di "Segitiga Karang" Indonesia timur itu tersebar di 10.000 hektar (25.000 hektar), atau kira-kira berukuran sama dengan Bora Bora, pulau wisata di Samudera Pasifik selatan.

Halaman:

Editor: Risvania Andaresta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip! Harga, Rute dan Jadwal Kereta Panoramic

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:00 WIB

Wow! 27 Ribu Orang Padati Ancol Tepat di Hari Natal 2022

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:40 WIB
X