Sabtu, 10 Desember 2022

Pertamina Pastikan Pertalite Masih Sesuai Spek, Jelaskan Rincian Produksinya

- Rabu, 28 September 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi: Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Ilustrasi: Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

JAKARTA, kilat.com- Pertamina menjamin produk bahan bakar minyak (BBM) yang dijualnya, termasuk Pertalite, tak turun kualitasnya. Pertamina menegaskan Pertalite masih sesuai spesifikasi yang ditentukan.

Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) sudah melakukan proses kontrol kualitas atau Quality Control. Menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, proses Quality Control ini diawali sejak produk BBM masuk ke tangki timbun di Fuel Terminal (TBBM) sampai tepat sebelum disalurkan menuju SPBU.

"Proses Quality Control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU. Dalam tiap-tiap proses, produk BBM tersebut harus dinyatakan layak, memenuhi syarat atau standar spesifikasi yang ditentukan Dirjen Migas, jika uji sample tidak layak, tidak akan bisa keluar dari Terminal BBM," ungkap Irto pada Rabu (28/9/2022).

Sebelum produk BBM dapat masuk tangki timbun di Fuel Terminal, Pertamina memastikan produk BBM yang disuplai dari kilang ataupun impor mempunyai certificate of quality.

Usai dipastikan certificate of quality-nya, produk BBM yang disuplai melalui pipa bakal diuji speknya selama pemompaan ke tangki timbun.

Proses suplai lewat kapal juga dilakukan pengujian. Sebelum dipompa ke tangki timbun, produk BBM dalam kapal itu bakal diuji terlebih dulu kelayakannya, kalau sudah sesuai dengan spek, uji juga dilakukan selama pemompaan produk BBM dari kapal ke tangki timbun.

"Ini adalah tahap awal. Jadi sebelum sebuah produk BBM bisa benar-benar masuk ke tangki timbun, sudah ada beberapa proses Quality Control untuk memastikan produk yang disuplai kepada Fuel Terminal sesuai dengan spesifikasi dan standar untuk dijual kepada masyarakat," kata Irto.

Proses kontrol kualitas tetap dilakukan secara periodik ketika BBM disimpan di tangki timbun. Produk BBM secara berkala diuji tepat setelah proses pemompaan baik dari pipa kilang atau impor, hingga sebelum disalurkan ke mobil tangki. Sebelum mobil tangki bisa keluar dari Fuel Terminal BBM dan menuju SPBU tujuannya, produk BBM bakal kembali diuji di pintu keluar.

"Jadi bisa dilihat, proses Quality Control ini tidak sembarangan, dilakukan periodik dan tahapannya sudah jelas. Ini adalah komitmen Pertamina Patra Niaga dalam memastikan seluruh produk BBM yang akan dikonsumsi masyarakat ini sesuai spek, sesuai standar kualitas, dan layak digunakan," kata Irto.

Halaman:

Editor: Anggi Tiar

Tags

Terkini

Apa Itu Bitcoin? Ini Penjelasan dan Keunggulannya

Senin, 5 Desember 2022 | 11:50 WIB

Jelang Natal, Harga Telur dan Hasil Bumi Naik!

Senin, 5 Desember 2022 | 09:10 WIB
X